Beranda > Berita Terbaru
Pemulihan Pascabencana

Peduli CSR Ajinomoto untuk Gempa Pidie Jaya

11 Jan 2017
Peduli CSR Ajinomoto untuk Gempa Pidie Jaya

ACTNews, PIDIE JAYA – Aksi Tim Recovery ACT untuk korban gempa bumi di Pidie Jaya hingga saat ini terus berjalan. Meskipun saat ini Tim Recovery ACT tengah memfokuskan diri dalam Program Rekonstruksi 100 Meunasah, namun aksi kemanusiaan lainnya masih terus dilakukan Tim Recovery ACT bersama para mitranya.
 
Seperti proses distribusi bantuan natura, Tim Recovery ACT hingga saat ini masih terus mendistrubusikannya kepada korban terdampak  bencana  gempa. Seperti  misalnya,bantuan dari CSR Ajinomoto, yang merupakan salahsatu mitra ACT yang  pada awal tahun 2017 ini, secara bertahap berhasil menyampaikan bantuannya untuk korban di beberapa titik gempa.
 
Mulyono (52), CSR Ajinomoto Manager mengungkapkan, sinergi  CSR Ajinomoto  dengan  ACT untuk korban gempa Pidie Jaya ini, merupakan  sinergi yang kebeberapa kalinya. Sebelumnya  sinergi juga pernah dilakukan dalam menangani dan membantu korban banjir bandang di Garut dan banjir  di Kabupaten Bandung.  
 
“Kerjasama kami dengan ACT dilakukan tidak hanya dengan CSR Ajinomoto, namun juga dilakukan dengan salah satu komunitas karyawan Ajinomoto, salah satunya dengan jama’ah Majelis Taklim Masjid Al-Falah Ajinomoto, yang berhasil  melakukan penggalangan dana untuk membantu etnis muslim Rohingya dan muslim di Tolikara – Papua,” jelasnya.  
 
Aksi kemanusiaan CSR Ajinomoto di Nangroe Aceh Darusallam/NAD,  bukanlah yang pertama dilakukan, menurut Mulyono pada  peristiwa tsunami akhir tahun 2004 CSR Ajinomoto juga pernah melakukan hal yang sama  mendistribusikan bantuan natura untuk korban tsunami.
 
“Distribusi bantuan untuk korban bencana  di Aceh ini bukanlah yang pertama kali digelar, waktu peristiwa tsunami beberapa tahun lalu, kami juga pernah melakukan hal yang sama,”jelasnya. Mulyono menambahkan bantuan natura ini, terkumpul selain dari dana CSR Ajinomoto juga dari para karyawan  Ajinomoto yang telah berhasil menyisihkan dananya.
 
Asep Rosyidin  dari ACT mengungkapkan bantuan ini pastinya akan sangat membantu warga Pidie Jaya yang mengalami musibah gempa kali ini. “Bantuan bahan baku sembako seperti  beras dan bahan baku untuk lauknya, kami olah untuk dijadikan makanan siap santap untuk para korban,” terangnya.  
 
Selain bantuan kali ini  CSR Ajinomoto  juga  telah sukses menggelar Program  Donor Darah di 20 Grup Kantor Ajinomoto di  Indonesia.“Kami  secara serentak menggelar Program Donor Darah tersebut pada  Selasa (3/1) lalu. Darah tersebut kami peruntukan untuk pasien yang memang sangat membutuhkan,”tutur Mulyono.
 
Tidak hanya kegiatan donor darah, di tahun sebelumnya CSR Ajinomoto juga telah melakukan kegiatan Bengkel Gizi Terpadu bersama ACT untuk membantu  anak yang mengalami gizi kurang dan gizi buruk. Kegiatan itu berlangsung selama 3 tahun dari tahun 2013-2015 Cijeruk – Kabupaten Bogor.
 
Sinergi kemanusian ACT dengan CSR Ajnomoto di ranah kemanusiaan dan kebencanaan ini menurut Mulyono akan terus ditingkatkan. Karena menurutnya aksi ini membantu pihak pemerintah dalam penanganan bencana yang rentan terjadi di Indonesia.           
 
“Kami berkomitmen akan terus bersinergi dengan ACT dalam membantu korban bencana. Alhamdulillah, ACT bisa menjembatani kami dalam program sosial dan kemanusiaan yang kami lakukan ini,” pungkasnya. []
 
Penulis: Muhajir Arif Rahmani