DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

ACT dan Gaspool Lampung Peduli Baju Lebaran Anak Palestina

ACT Lampung
gaspol

ACTNews, BANDAR LAMPUNG - Lebaran tinggal menghitung hari. Seperti biasa, masyarakat Indonesia bersiap menyambut hari yang fitri ini dengan berbagai hidangan lezat dan pakaian lebaran. Namun, kita lupa bahwa anak-anak di Palestina tidak dapat menikmati indahnya Lebaran seperti di Indonesia. Jangankan baju lebaran, untuk memenuhi kebutuhan hidup saja mereka kesusahan.

Melihat kondisi anak-anak Palestina inilah, Gabungan Admin Shelter Pengemudi Ojek Online Lampung (GASPOOL) memperlihatkan rasa peduli mereka. Di saat masyarakat Kota Lampung sibuk berbelanja bahan pokok dan pakaian lebaran, lima orang anggota Gaspool justru mendatangi kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung pada Senin (11/6).

Koordinator Gaspool Miftahul Huda mengatakan dirinya bersama beberapa rekan ingin bersilaturahmi dengan team ACT Lampung sekaligus memberikan donasi yang sudah mereka kumpulkan sebelumnya untuk anak-anak Palestina.

“Kami sangat prihatin dan berharap agar masalah kemanusiaan di Palestina bisa segera selesai karena selalu ada korban dari setiap petikaian, dan anak-anak adalah kelompok yang paling berat dampaknya, baik secara psikologis maupun hilangnya harapan hidup dan masa depannya,” ucapnya sembari sedikit terisak.

Melihat kondisi saudara-saudara di Palestina inilah kemudian Gaspool memantapkan diri mengumpulkan ribuan anggota untuk bersama-sama peduli terhadap nasib anak-anak Palestina. Kepedulian ini semakin besar ketika mereka mendengar penembakan oleh zionis Israel terhadap perawat muda Razan Alnajjar oleh zionis Israel. Dengan melawan teriknya matahari dan hiruk pikuknya kendaraan, Gaspool terus berjibaku mengumpulkan donasi.

Baju Lebaran untuk anak Palestina

Di saat masyarakat Kota Lampung tengah bersiap menyambut hari yang fitri, Miftahul malah kepikiran nasib anak-anak di Palestina. “Apakah anak-anak di sana menikmati baju baru untuk lebaran?” begitulah yang ada di benak Miftahul yang membuat ia tak bisa tidur malam itu.

Dari pikiran itulah kemudian berubah menjadi aksi nyata. Mifathul kemudian menghubungi anggota komunitas Gaspool lainnya untuk bersemangat mengumpulkan donasi dan menyalurkan melalui ACT Lampung.

Di tengah teriknya matahari Bandar Lampung, Miftahul bersama rekan-rekan Gaspool lainnya bergantian melakukan penggalangan dana dengan menggunakan kotak donasi. Panasnya hari tidak menyurutkan semangat mereka untuk memberikan senyuman untuk anak-anak Palestina. Kepedulian ini membuahkan hasil dengan terkumpulnya donasi sebesar 7,5 juta rupiah sampai hari Senin (11/6).

Donasi inilah yang kemudian akan disalurkan untuk baju baru lebaran untuk anak-anak Palestina melalui ACT. “Bingkisan lebaran untuk anak Palestina”, begitulah semangat dari teman-teman Gaspool.

ACT Lampung menyambut baik penyaluran donasi dari Gaspool ini.

“Semoga kepedulian masyarakat Lampung terhadap saudara-saudara kita di Palestina semakin meningkat. Sudah selayaknya masyarakat muslim menyumbangkan harta mereka yang merupakan titipan dari Allah,” ujar Cahyo Prabowo, dari Tim Partnership ACT Lampung.

Kalau di daerah lain, Unit Reaksi Cepat (URC) sejenis lebih banyak menangani urusan lakalantas baik sesama pengemudi ojek online atau masyarakat umum, tetapi di Lampung ini berbeda. Gaspool lebih banyak pada aksi kemanusiaan baik di lokasi bencana maupun konflik. []

TAGS