DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Ayo Bantu Korban Banjir di Pasaman Barat

Banjir Pasaman

ACTNews, PASAMAN BARAT –  Tim Tanggap Bencana Aksi Cepat Tanggap/ACT bersama relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia/MRI Sumatera Barat pada Selasa (10/10), berjibaku membersihkan lumpur yang tertinggal akibat luapan air sungai Batahan yang merendam Jorong Kampung Baru, Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat.

Hujan yang tak henti mengguyur Jorong Kampung Baru sejak Minggu (8/10), menyebabkan sungai Batahan meluap seketika dan menerjang Jorong tersebut, hingga 13 rumah warga rusak. Saat itu, relawan dari MRI Sumatera Barat langsung terjun ke lokasi bencana untuk mengevakuasi korban.

Posko darurat bencana pun segera didirikan Tim Tanggap Bencana-ACT. Menurut Fadhli Septaviandra, selaku Kepala Cabang ACT Sumatera Barat, relawan MRI yang telah tiba lebih dulu di lokasi mengabarkan bahwa warga setempat membutuhkan posko dan makanan, pasalnya terjangan air melumpuhkan aktivitas warga setempat.

“Kami langsung melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat dan membuka posko, bantuan pun kami sampaikan langsung melalui kepala Jorong. Kami berharap bisa terus bekerjasama dengan pemerintah setempat, sehingga distribusi bantuan dapat merata,” ujar Fadhli, usai melakukan serah terima bantuan berupa paket sembako, pakaian layak pakai (PLP) dan susu untuk anak-anak.

Ungkapan rasa syukur pun dihaturkan oleh perwakilan Nagari setempat atas kesigapan ACT dalam membantu warga Jorong Kampung Baru.

“Kami sangat berterima kasih kepada ACT yang telah cepat tanggap ke lokasi bencana. Warga kami sangat senang atas kehadiran tim ACT di Nagari kami. Saat itu warga mengadu membutuhkan tenda dan makanan, keesokannya ACT datang membawa kebutuhan tersebut,” ungkapnya.

Meskipun saat ini banjir telah surut, namun warga setempat masih merasa was-was dan khawatir air sungai akan meluap kembali. Mengingat musim penghujan telah datang, tentunya hujan akan sering mengguyur. Maka untuk sementara waktu, warga memutuskan tinggal di rumah-rumah warga yang tidak terdampak.

Karenanya, untuk beberapa waktu mendatang, posko darurat ACT akan terus mensuplai kebutuhan utama para korban terdampak bencana, seperti makanan sehari-hari. []

 -------------------------------
Mari ulurkan kepedulian kita, salurkan bantuan anda untuk korban banjir Pasaman Barat, melalui:
BNI Syariah #  66 0004 4001
Mandiri #  127 000 772 1242
Rekening atas nama: Aksi Cepat Tanggap/ACT

 

 

TAGS