DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Ayo Bantu Penyembuhan Adnan, Balita Pengidap Penyakit Tumor

Pendampingan Adnan

ACTNews, BANDUNG – Setelah sukses membantu keluarga almarhumah Ayu Paroji melalui pendampingan secara paripurna, dimulai pengobatan almarhumah, pembelian tanah dan pembangunan rumahnya, hingga pemberdayan ekonomi keluarganya. Maka Implementasi Program Mobile Social Rescue / MSR pun terus berlanjut.

Hari Kamis (7/12), Tim MSR tengah melakukan pendampingan bayi Adnan berumur satu tahun pengidap peyakit tumor di atas pelipis mata kirinya. Bayi mungil lucu asal dari Kampung Babakan Asem, Kelurahan Babakan Nunggal, Kecamatan Cibeber - Kabupaten Cianjur ini, sejak lahir memang sudah mengidap penyakit tumor.

Menurut Yuyun (41), Ibunya Adnan, indikasi anaknya terkena penyakit tumor terlihat ketika ia baru lahir, terdapat benjolan kecil diatas pelipis mata kirinya.

“Benjolan di atas pelipis mata kirinya lama-lama terus membesar,” terangnya.  

Saat ini benjolan tumornya sudah membesar, benjolan tersebut hampir sebesar kepala orang dewasa. Tampak begitu iba bagi siapapun yang melihatnya, bayi yang masih berumur 1 tahun itu harus menderita penyakit tumor.

Penanganan dan pendampingan Adnan dimulai ketika Siti Maryam, salah satu Tim MSR mendapatkan informasi dari aktivis mahasiswa asal Cianjur yang meminta kepada Tim MSR untuk membantunya. Maka Tim MSR pun langsung meresponnya dengan menjemput, Adnan dari rumahnya untuk dibawa ke Rumah Sakit (RS) Hasan Sadikin Bandung, setelah sebelumnya aktivis mahasiswa asal Cianjur tersebut, telah mengurus BPJS nya.                  

“Minggu sore kami jemput Adnan untuk dibawa ke Rumah Sakit Hasan Sadikin kami kesana bersama orang tuanya dan kerabat Adnan. Sampai di Bandung tengah malam, kemudian menginap di penginapan. Senin paginya baru kami ke Rumah Sakit,” terangya

Maryam sangat bersyukur dalam proses pendampingan di RS Hasan Sadikin, Timnya sangat dimudahkan pihak rumah sakit dengan mempercepat proses  pemeriksaan dimulai pemeriksaan ke Poli Anak, tes laboratorium, rontgen, pemeriksaan ke Poli Bedah dan proses lainnya.

Alhamdulillah, kami sangat dimudahkan oleh pihak rumah sakit” ujarnya.       

Bayi Adnan berasal dari keluarga pra-sejatera. Ayahnya, Saman (45) menghidupi keluarganya (istri dan ketiga anaknya) hanya dari penghasilan pekerjaannnya, yaitu sebagai buruh tani saja. Dengan penghasilan rata-rata setiap harinya hanya Rp. 40 ribu. Sedangkan  Ibunya  (Yuyun) hanya sebagai ibu rumah tangga saja.

Keluarga Adnan sangat kesulitan untuk membawa Adnan ke RS Hasan Sadikin Bandung yang fasilitas kesehatannya sudah memadai. Padahal pihak dokter di wilayah tempat tinggal Adnan yang sempat diperiksanya, menyarankan Adnan untuk dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung.

“Jarak tempuh Cianjur dan Bandung yang cukup jauh, serta biaya operasional yang cukup besar membuat niat kami  untuk membawa Adnan berobat ke Rumah Sakit  Hasan Sadikin pun diurungkan pada saat itu,” tutur Yuyun.  

Namun kini setelah ditangani Tim MSR, Adnan pun bisa dirujuk ke RS Hasan Sadikin.

Kampung Babakan Asem merupakan salah satu kawasan terpencil di Kabupten Cianjur, membuat perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, saat Tim MSR membawa Adnan ke RS Hasan Sadikin Bandung.        

“Perjalanan cukup panjang dan berbahaya, banyak jalan yang masih bebatuan belum diaspal, apalagi saat Adnan sedang mengalami kesakitan, menahan rasa sakit tumornya dan kalau seperti itu ia pun menangis. Maka kami pun terpaksa menghentikan sementara mobil kami, untuk meredakan rasa sakit Adnan,” kenang Maryam.

Penggalangan dana untuk biaya penyembuhan Adnan pun terus gencar dikampanyekan Tim MSR. Hal itu dikemukakan Koordinator Tim MSR-ACT, Nurjanatunnaim.

Sekarang kami terus menggalang dana untuk penyembuhan Adnan,” tegasnya.

Mobile Social Rescue, Solusi Permasalahan Sosial Masyarakat Miskin

Mobile Social Rescue adalah salah satu program penanganan dan pendampingan kasus sosial yang dibentuk ACT pada tahun 2010, merupakan salah satu Divisi dari Direktorat Disaster Emergency and Relief Management (DERM)-ACT.  

MSR berperan membantu, memfasilitasi, mendampingi dan mengadvokasi permasalahan-permasalahan sosial masyarakat pra-sejahtera yang terjadi di masyarakat. Hal tersebut selaras dengan visinya yaitu: “Menjadi Solusi untuk Permasalahan Sosial Masyarakat Miskin.”

Sedangkan ruang lingkup Program MSR, meliputi :

Pertama. Program yang berhubungan dengan kesehatan, seperti: perawatan dan penyembuhan pasien.

Kedua. Program yang berhubungan dengan pendidikan, seperti: pengadaan perlengkapan sekolah, beasiswa, maupun kegiatan belajar mengajar.

Ketiga, Program yang berhubungan dengan lingkungan, seperti: bedah rumah, aksi penyelamatan lingkungan, satwa dan sejenisnya.

Keempat, Program yang berhubungan dengan peningkatan ekonomi masyarakat.

Menurut Nurjanatunnaim  fokus penanganan MSR lebih ditekankan untuk membantu masyarakat miskin, yang memang belum ada yang membantu, dengan memiliki identitas lengkap, yang diusahakan memiliki konstribusi terhadap masyarakat. []

--------------------------------

Salurkan donasi Anda, untuk penyembuhan penyakit tumor Adnan melalui:

BSM  #  7055991639

Atas nama: Aksi Cepat Tanggap/ACT

No.kontak: 082217771724 (Nurjanatunnaim) 

 

TAGS