DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Banjir Masih Menggenang, ACT Bantu Warga Bandung Selatan

Banjir Masih Menggenang, ACT Bantu Warga Bandung Selatan

ACTNews, BANDUNG - Sepekan lamanya air luapan sungai Cikapundung, Cisangkuy, dan Citarum masih merendam tiga titik kecamatan di bagian selatan Kabupaten Bandung, yakni Baleendah, Bojongsoang, dan Dayeuhkolot. Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jawa Barat masih membersamai para warga yang kini lumpuh beraktifitas akibat banjir yang menerjang. Seluruh tim rescue tetap bersiaga untuk membantu evakuasi warga.

Selain evakuasi warga, bantuan logistik bagi para pengungsi juga didistribusikan. Sabtu (11/11), distribusi bantuan menyasar warga terdampak banjir yang tersebar di 2 kecamatan, yakni Baleendah dan Dayeuhkolot.

Sejak Sabtu pagi, 6 anggota Tim Rescue ACT dan MRI menyusuri lokasi banjir setinggi 20-120 cm yang menggenangi wilayah pemukiman. Ratusan rumah disambangi sambil membagikan paket pangan darurat berisikan roti, makanan ringan, mie instan, hingga salep obat gatal kepada warga.

Menurut Koordinator Tim Rescue ACT dan MRI Atep Salman, Totalnya 120 KK, beberapa masih tinggal di rumah mereka, sementara sebagian yang lain memilih mengungsi di masjid GOR Inkarnas yang di kelola BPBD, serta sebuah gudang pabrik. Tak luput, tiga karung bantuan Pakaian Layak Pakai (PLP) juga disalurkan ke masing-masing posko.

“Alhamdulillah, kami berhasil mendistribusikan 500 roti, 5 dus mie instan, 2 dus makanan ringan, salep obat gatal, serta 3 karung PLP. Banjir masih pasang-surut, warga belum dapat beraktivitas apapun,” terang Atep.

Keterbatasan kondisi tersebut diperparah ketika banjir kembali menyambar pemukiman warga. Pasalnya, hujan deras mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung pada Ahad (12/11). Pasang-surutnya banjir membuat warga belum melakukan pembersihan lumpur dari dalam rumah mereka, khawatir banjir kembali menerjang.

Bersama BPBD, Tim Rescue ACT dan MRI Jabar turut memantau perkembangan di lokasi. Sejak Ahad malam, tim bergerak patroli dan melakukan assesment di wilayah Banjaran-Pameungpeuk-Cangkuang. Sementara Senin pagi (13/11), tim beraksi menuju Kampung Bojong Asih, membantu warga yang hendak kembali beraktivitas seperti berangkat ke sekolah maupun kerja.

“Tim masih akan bersiaga dan melakukan pemantauan Bersama BPBD Air di wilayah Dayeuhkolot,  Baleendah, dan Bojong Soang. Mohon doa untuk kesehatan Tim Rescue ACT  dan MRI Jabar dalam melaksanakan tugas,” ujar Adi selaku Ketua Cabang ACT Jabar. []

TAGS