DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Kabar Tepian Negeri: Keluarga Besar MTs Al-Hidayah Kagumi Sosok Hj. Lina Liputri

Tepian Negeri
Al Hidayah

ACTNews, TOLI-TOLI – Banjir ucapan terima kasih mengalir deras dari para siswa, guru, dan wali murid sekolah MTs.Al-Hidayah, Dusun Salusu, Kecamatan Lampiaso, Kabupaten Toli-toli, saat Tim 100 Pulau Tepian Negeri selesai mendistribusikan bantuan paket pendidikan dari Hj. Lina Liputri, Jumat (12/1).  

“Mereka terheran dan sangat penasaran dengan sosok Ibu Hj.Lina Liputri, yang sangat dermawan di mata mereka. Selain bantuan fisik sekolah, sembako, kali ini mereka menerima paket pendidikan dari nama yang sama Hj. Lina Liputri,” tutur Rizki Andriyani, Tim Implementator Program 100 Pulau Tepian Negeri.      

Rizki mengaku berkali-kali ditanyai oleh para wali murid tentang sosok Hj. Lina Liputri ini. Mereka amat kagum dengan kedermawanan dan kepeduliannnya terhadap sesama, terutama di bidang pendidikan. Meski belum pernah bertemu secara langsung, mereka begitu mengapresiasi ikhtiar beliau yang senantiasa memberikan bantuan pendidikan di wilayah tersebut. 

“Alhamdulillah, bantuan laptop, LCD (proyektor), paket pendidikan berisi tas, buku, pensil, tempat pensil, mistar, penghapus, serutan pensil, telah didistribusikan,” ungkap Rizki.        

Bantuan tersebut merupakan bantuan yang telah didistribusikan kesekian kalinya untuk warga Dusun Salusu, terutama untuk sekolah MTs Al-Hidayah. Dimulai dari pembangunan 2 lokal sekolah, perlengkapan furniturnya, bantuan paket pangan Ramadan, hingga bantuan pendidikan saat ini.     

Kepala Sekolah  MTs Al-Hidayah, Syamsuddin, mengungkapkan rasa takjubnya dengan kerja ACT, yang menurutnya sesuai dengan  namanya, cepat dan tanggap. Ia menceritakan proses bertemunya dengan Yusnisyrah Sirin, Penanggung jawab Program 100 Pulau Tepian Negeri yang begitu singkat dalam proses asesmen. Tak lama kemudian sekolahnya langsung dibangun dengan dikawal Dede Abdulrochman, Tim Implementator Program 100 Pulau Tepian Negeri.  

"Saya sangka waktu Pak Yusnirsyah datang melakukan asessmen, ia berbohong. Karena, pengalaman beberapa kali yang dirasakan sekolah tetangga, ada orang yang melakukan hal yang sama, tapi sampai saat ini tak kunjung datang bantuan. Nah loh ini orang (Yusnirsyah) jauh-jauh dari Jakarta tiba-tiba datang, mau bantu buatkan sekolah. Terus terang saat itu saya sempat tidak percaya, eh ternyata memang benar," kenangnya.

Padahal sebelumnya, sekolah MTs.Al-Hidayah nyaris akan tutup, mengingat tidak ada bantuan dari aparat desa, dari Departemen Agama dan dari instansi lainnya.

"Pada saat itu, semua siswa sudah saya arahkan untuk pindah sekolah ke sekolah lain, karena sekolah ini akan tutup. Namun alhamdulillah, ACT membantu kami dan membangkitkan semangat kami," terangnya penuh haru. Syamsudin pun bersyukur sampai sekarang sekolahnya ini tidak jadi ditutup dan bisa terus eksis. Bahkan, saat ini Al Hidayah telah membuat sekolah tambahan yaitu PAUD.

Sekilas tentang MTs. Al Hidayah

MTs ini sesungguhnya sudah dirintis pembangunannya sejak tahun 2013 lalu. Karena sulitnya pendanaan, bangunan sederhana yang terdiri dari dua ruang kelas berdiding papan kualitas rendah dan sebagian hanyalah papan dari kulit kayu, baru bisa beroperasi dua tahun kemudian, yakni tahun 2015.

“Di atas tanah yang pecah dan retak-retak apabila musim kemarau dan becek apabila musim hujan datang itu, ada beberapa pasang meja kursi belajar yang kondisinya tidak lebih baik dari keadaan ruangannya. Di tempat inilah, puluhan siswa anak didik kami dari berbagai kelas bergantian belajar,” kenang Syamsudin.

Kehadiran MTs ini menjadi sangat penting. Hal ini mengingat hanya dengan kehadiran sekolah ini, anak-anak tamatan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau setingkat SD, terutama dari MIS Salusu Lanang di Dusun III Salusu, Desa Lampasio, yang sudah berdiri sekitar 8 tahun lalu, dapat memeneruskan  pendidikannya ke jenjang SMP/MTs.

“Madrasah ini juga dapat menampung dua sekolah dasar lain, yakni SD Lampasio, sekitar 4 km dari lokasi dan SD Lanang yang juga berjarak sekitar 4 km dari lokasi,” jelasnya. []

TAGS