DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Kapal Ramadan Hadirkan Bingkisan untuk Pulau Tegal

ACT Lampung
Kapal Ramadan Hadirkan Bingkisan untuk Pulau Tegal

ACTNews, BANDAR LAMPUNG - Mendengar kata Tegal mungkin pikiran kita langsung mengarah kepada sebuah kota atau kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Namun, kata Tegal ini juga terdapat di Provinsi Lampung. Bukan berbicara mengenai Warung Tegal (Warteg), tapi Tegal di sini adalah salah satu pulau indah yang terletak tak jauh dari Pantai Sari Ringgung Pesawaran, sekitar 30 km dari pusat kota Bandar Lampung.

Hamparan pasir putih dan keindahan alam bawah laut menyedapkan pandangan siapa saja yang mengunjunginya. Namun, dibalik keindahan itu tak banyak yang tau bagaimana susahnya kehidupan ekonomi dan akses pendidikan yang dijalani oleh mayarakat Pulau Tegal.

Pulau yang hanya dihuni oleh 43 kepala keluarga tergolong ke dalam masyarakat kurang mampu yang berprofesi sebagai petani dan nelayan kecil. Kondisi pendidikan di sanapun cukup memprihatinkan karena mereka sekolah dalam satu atap antara SD dan SMP.

Di tengah kesusahan ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung hadir berbagi senyuman kebahagiaan dengan Kapal Ramadan, Selasa (12/6).

“Pulau Tegal, tempat di mana banyak harapan  dan impian dari anak-anak menggapai asa. Tempat di mana berharap mendapat bekal pendidikan yang sama dengan teman-teman mereka yang berada di kota,” ujar Letkol Mar Sugeng Purwanto dalam sambutan penyerahan Paket sembako.

ACT bersama sekitar 8 relawan membawa bingkisan berupa 50 paket sembako untuk masyarakat di Pulau Tegal. Sekotak bahan pangan berisi beras, gula, minyak makan, wafer, susu SKM, dan susu RTD diserahkan langsung oleh Letkol Mar Sugeng Purwanto kepada masyarakat. Kebaikan tersebut didukung oleh Batalyon Infanteri 9/Marinir sebagai bentuk wujud nyata kedekatan TNI ke masyarakat.

Tak hanya sampai disitu, empat finalis putri hijab Zahrina Amalia, Venny Rachmasari, Bella Dwi Citra, Zafira Tsaqifah, dan Ria Kurnia Novitasari memberikan make up dan hijab class bersama anak-anak dan wanita muslim Pulau Tegal. Selain itu, juga para relawan juga memberikan edukasi mengenai hak-hak anak.

Gelak tawa tak henti memecah deburan ombak siang itu. Kebahagiaan semakin mempercantik wajah Pulau Tegal. Rasa syukur diungkapkan Dian Eka Darma Wahyuni, Kepala Program ACT Lampung setelah usai membagikan paket sembako.

“Alhamdulilah kegiatan ACT bersama Putri Hijab Bandar Lampung sudah rampung, barokallah untuk semua yang ikut berpartisipasi baik donatur, relawan dan TNI Angkatan Laut,” ujar Dian.

Tak lupa ungkapan terima kasih juga disampaikan oleh masyarakat Pulau Tegal kepada semua yang terlibat dalam program kebaikan ini. Aura bahagia terpancar dari wajah mereka. Semoga Kapal Ramadan ACT ini dapat berbagi ke pulau lainnya yang membutuhkan. []

135

TAGS