DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Kayuh Sepeda, Resmanita Nafkahi 3 Anaknya

Mobile Social Rescue
Kayuh Sepeda, Resmanita Nafkahi 3 Anaknya

ACTNews, PADANG - Kasih ibu sepanjang jalan bukan hanya sekedar peribahasa. Inilah yang diperlihatkan Resmanita, janda berusia 35 tahun. Dengan mengayuh sepeda yang dimilikinya, setiap hari Resmanita menyusuri area Parupuk Tabing, Kota Padang berjualan gorengan untuk memenuhi kehidupan ketiga anaknya yaitu Ferdi (16), Lusi (13), dan Fahmi (3). Demi sang anak, ia rela melawan panas dan rasa penat di badan.

Namun, musibah datang menimpa. Sepedanya yang menjadi alat mengumpulkan pundi-pundi rupiah mengalami kerusakan pada April 2018. Modal usaha Resmanita habis untuk membiayai sekolah anak-anaknya sehingga ia tak mampu membetulkan kerusakan sepedanya.

Memang sepeda tersebut sudah tidak layak pakai lagi. Kondisinya yang sudah berkarat dengan ban yang sudah botak memperlihatkan tuanya sepeda tersebut. Sejak itu, Resmanita tidak lagi bisa berjualan gorengan. Praktis tidak ada satu pun pemasukan yang ia miliki.

Ferdi, anak pertama Resmanita, juga berusaha untuk membantu perekonomian keluarganya. Ia terpaksa berhenti sekolah karena terkendala biaya dan ia tidak sanggup melihat ibunya berjuang sendirian menafkahi keluarga. Ferdi memutuskan untuk berjualan bakso bakar milik tetangganya.

Keinginan untuk kembali bersekolah pernah ia sampaikan kepada ibunya apabila Resmanita bisa kembali jualan gorengan.

“Dia bilang dia ingin sekolah lagi, tapi saya harus berjualan lagi. Tapi sekarang sepeda saya itu rusak dan tidak bisa digunakan lagi,” ujar Resmanita.

Beban ini juga dirasakan oleh dua adik Ferdi yaitu Lusi yang saat ini baru lulus SD dan akan melanjutkan ke SMP serta Fahmi yang masih berusia tiga tahun. Resmanita hanya bisa berdoa agar bisa berjualan gorengan kembali untuk memenuhi kebutuhan anak-anaknya. Harapan itu terjawab dengan bantuan yang diberikan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui program Mobile Social Rescue (MSR).

Senin (9/7), Tim MSR - ACT Sumatera Barat mendatangi rumah Resmanita di Kelurahan Parupuk Tabing, Kota Padang. Satu unit sepeda beserta gerobak gorengan keliling dihadirkan langsung di depan rumah Resmanita.

“Bantuan untuk ibu Resmanita ini bentuk tindak lanjut dari menunaikan amanah dari donatur. Kita juga melihat bagaimana sebelumnya Resmanita berkeliling jualan gorengan untuk menyekolahkan anak-anaknya,” terang Aan Saputra dari ACT Sumbar.

Resmanita tidak dapat menahan air matanya menerima bantuan dari ACT. Ungkapan syukur juga terucap dari bibirnya. Ia tak menyangka akan mendapatkan bantuan dari ACT. Baginya, bantuan ini sangat berarti. Keinginan untuk kembali menyekolahkan Ferdi menjadi satu penyemangat ekstra di samping untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Resmanita berjanji akan terus berjualan gorengan keliling agar anak-anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang layak,” ungkap Aan. []

TAGS