DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

ACT Beri Anugerah Karya Jurnalistik Kemanusiaan untuk Insan Media

Event
ACT Beri Anugerah Karya Jurnalistik Kemanusiaan untuk Insan Media

ACTNews, JAKARTA - Menjelang penghujung tahun 2018, Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar acara Anugerah Karya Jurnalistik Kemanusiaan untuk insan media. Acara yang mengusung tema The Rise of Islamic Philanthropy itu bertempat di Menara 165, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (6/12).

The Rise of Islamic Philanthropy sendiri merupakan tema kemanusiaan yang akan diangkat ACT pada tahun 2019 mendatang. Ahyudin selaku Presiden ACT menuturkan, filantropi sebenarnya menjadi bagian dari ibadah maaliyah ijtimaiyyah. Ibadah dalam bidang harta yang memiliki posisi sosial paling penting dan menentukan.

“Sehingga umat seyogyanya menjadikan filantropi sebagai kebutuhan dan gaya hidup. Sebab kekuatan dan kelemahan iman seseorang salah satunya ditentukan oleh sikap kedermawanan dan kepedulian sosialnya. Potensi itu dapat terwujud dalam bentuk zakat, infaq, sedekah, wakaf, dan derma-derma lain,” papar Ahyudin.

Belasan tahun berkecimpung di dunia kemanusiaan multi brand, ACT optimis bahwa perluasan aksi kedermawanan akan menjadi isu manajemen yang penting. Bagi Ahyudin, kerja keumatan yang kian luas turut membuka peluang partisipasi umat, sehingga besaran dedikasi kemanusiaan pun makin tersebar luas.

“Kedermawanan yang besar menuntut rancangan gagasan besar. Kebersamaan yang besar dengan tekad besar membutuhkan pemegang amanah yang juga besar. Kesiapan dan jejak perjalanan yang teruji, dengan sendirinya memberi petunjuk berbagai pihak untuk sanggup berbuat yang terbaik. ACT dan jejaringnya akan berkomitmen untuk kedermawanan itu,” tutur Ahyudin.

Manajer Umum Komunikasi ACT Lukman Aziz mengatakan, Anugerah Karya Jurnalistik Kemanusiaan kali ini diberikan kepada segenap jurnalis, baik lokal maupun nasional yang turut mempublikasikan aksi-aksi kemanusiaan ACT. Utamanya pemberitaan mengenai aksi Global Qurban-ACT pada periode Agustus - September 2018 lalu.

“ACT sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada insan jurnalis karena telah turut serta menyebarkan kabar kemanusiaan yang seharusnya memang menjadi fokus utama masyarakat. Sehingga, setiap aksi yang kita lakukan menjadi inspirasi banyak orang dan maslahat pun tersebar luas,” kata Lukman.

Usai memberikan anugerah kepada pemenang lomba karya jurnalistik periode kurban 2018, Lukman pun kembali menyampaikan bahwa, ACT akan menyelenggarakan kembali Lomba Karya Jurnalistik Kemanusiaan 2019 Periode I.

Nantinya, lomba bakal berlangsung sejak 6 Desember 2018 hingga 6 Juni 2019 mendatang. Tujuannya masih sama, mengajak seluruh insan jurnalis yang terpanggil mewartakan kabar kemanusiaan nasional maupun global.

“Lomba tersebut juga diperuntukan bagi para jurnalis cetak, televisi, dan daring (online). Tentu bentuk karyanya juga masih sama yakni berupa tulisan, foto, dan video. Nantinya kami akan menilai dari kecepatan, kualitas, dan juga kuantitas pemberitaan. Sesuai dengan standar jurnalistik pada umumnya,” jelas Lukman.

Lagi-lagi bersama para insan jurnalis kemanusiaan, ACT berharap bisa melahirkan transparansi di satu sisi dan kesanggupan bekerja yang terencana, sekaligus kolaboratif dengan kekuatan bersama antar organisasi umat.

“Sehingga dengan paparan fakta-fakta yang valid. kepercayaan akan muncul alami dari khalayak. Bersama kawan-kawan jurnalis, membangun empati untuk kemanusiaan,” pungkas Lukman.

Berikut merupakan daftar insan media yang menerima Anugerah Jurnalistik Kemanusiaan 2018:

 

Kategori Media:

1. TV

Juara I   : MNC TV

Juara II  : NET TV

Juara III : TVRI Bandung

 

2. Cetak

Juara I   : Lampu Hijau

Juara II  : Singgalang

Juara III : Republika

 

3. Online

Juara I                   : Antaranews

Juara II  : Republika.co.id

Juara III : Tribunnews.com

 

Kategori Perorangan:

1. Cetak

Juara I   : Sholihul Hadi (Barnas)

Juara II  : Nasib TS (Journal Asia)

Juara III : Wahyudi (Lampu Hijau)

 

2. Online

Juara I   : Fuji Eka Permana (Republika Online)

Juara II  : Ryan Rachman (Suara Merdeka)

Juara III : Riki Chandra (Jawapos.com)

 

3. TV

Juara I   : Jama Qimalaya dan Desi Juliani (NET TV Jabar)

Juara II  : Tri Jauhari (TVRI Jabar)

Juara III : Wusana Bayu (NET TV Jateng)

 

4. Foto Terbaik 

Maulana Fahmi (Suara Merdeka)

 

5. Artikel Terbaik 

Muhammad Itsbatun Najih (Indopos)