DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

ACT Kaltim Terjun ke Lokasi Banjir Balikpapan

ACT Kalimantan Timur
ACT Kaltim Terjun ke Lokasi Banjir Balikpapan

ACTNews, BALIKPAPAN - Musim penghujan hadir di hampir seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Kamis (6/12) dini hari, Tim Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Timur (ACT Kaltim) mendapat informasi, dua kelurahan di Kecamatan Balikpapan Timur juga terendam banjir setinggi dada orang dewasa, sekitar 1,5 meter.

Merespons cepat, Tim ACT Kaltim langsung menuju lokasi banjir untuk meninjau validitas informasi pada pagi harinya. Andy Pradipta Ramadhan selaku Koordinator Tim ACT Kaltim mengungkapkan, banjir merendam 6 Rukun Tetangga yang tersebar di Kelurahan Lamaru dan Kelurahan Teritip.

“Sampai di sana, kami langsung berkoordinasi dengan pihak kelurahan, kecamatan, BPBD, PMI, hingga beberapa ketua RT di sana untuk melakukan peninjauan, evakuasi, dan penyaluran bantuan. Pertama, kami mengevakuasi salah seorang korban lansia yang terjebak di salah satu atap rumah yang terendam banjir berarus deras,” kata Andy.

Kelurahan Lamaru dan Teritip sendiri letaknya dekat dengan pesisir pantai yang menjadi pusat wisata di Balikpapan. Camat Balikpapan Timur Suramto menduga, penyebab banjir kali ini adalah pasangnya air laut yang bertemu dengan tingginya curah hujan sehingga menambah jumlah volume air. Ditambah daerah mereka tidak memiliki lahan dengan resapan air yang baik.

“Sebenarnya ini baru pertama kali air meluap sampai ke rumah-rumah warga. Biasanya kalau air laut sedang pasang, tidak akan mempengaruhi kuantitas sungai. Itu adalah tanda kekuasaan Allah, kami bersyukur masih diberi keselamatan,” ujar Suramto kepada Tim ACT Kaltim.

Usai memastikan proses evakuasi telah rampung semua, kata Andy, ACT Kaltim segera melakukan aksi distribusi bantuan berupa ratusan porsi makanan siap saji untuk warga terdampak banjir di Kelurahan Lamaru dan Teritip. “Alhamdulillah, setidaknya ACT bisa sedikit meringankan beban mereka,” tambahnya. []