DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

ACT Kepri Berangkatkan Lima Relawan Bantu Pulihkan Lombok

ACT Kepulauan Riau
ACT Kepri Berangkatkan Lima Relawan Bantu Pulihkan Lombok

ACTNews, BATAM – Gempa Lombok sudah terhitung hingga ribuan kali guncangan hanya dalam kurun waktu sebulan. Memang belakangan gempa sudah mereda, namun dampak yang timbul justru masih membutuhkan uluran tangan masyarakat untuk memulihkan kembali kehidupan Lombok.

Berangkat dari alasan itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mencanangkan tagar Indonesia Bersama Lombok untuk mengajak masyarakat Indonesia agar saling peduli terhadap Lombok. Begitu pula ACT Kepulauan Riau (Kepri) yang turut menggelorakan semangat kemanusiaan untuk memulihkan kembali Lombok.

Memulai ikhtiar itu, ACT Kepri ikut memberangkatkan lima orang relawan menuju Lombok, Selasa (18/9). Kelima relawan itu berasal dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kepulauan Riau.  Mereka di antarannya Muhammad Nawawi, Rhini Euis, Suharmanto, Anhardi Dongoran, dan Asep Widodo.

Muhammad Nawawi selaku Koordinator Tim Relawan yang diberangkatkan ke Lombok mengaku antusias dan semangat. “Saya ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk orang banyak, karena bagi saya ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa turun membantu masyarakat yang tertimpa musibah,” ucap Awi, sapaan akrabnya.

Berbeda dengan Awi, relawan senior Batam Rhini Euis juga terlihat gembira karena bisa turut serta pergi membantu pulihkan Lombok. ”Saya senang bisa berangkat untuk membantu masyarakat Lombok, saya akan berdongeng untuk anak-anak disana, karena saya cukup senang melihat anak-anak tersenyum,” ujar Rhini.

Kepala Cabang ACT Kepri Brinanti Sandwika mengatakan, relawan yang berangkat akan ditugaskan selama tiga minggu ke depan. “Teman-teman relawan itu akan fokus untuk membantu penyaluran logistik dan memberikan kegiatan trauma healing untuk pengungsi,” ungkap Brinanti. 

“Di Lombok masih banyak saudara-saudara kita yang tinggal di tenda-tenda pengungsian, dan terkadang mereka merasa kedinginan saat malam hari, kita berkomitmen untuk terus membantu masyarakat Lombok” tambahnya.

Tak hanya para relawan, Pemerintah Kota Batam pun antusias memberikan dukungan dan restu untuk tim MRI-ACT yang berangkat ke Lombok .”Teman-teman ini kan dari Batam ya selain membawa nama Kepri secara tidak langsung juga nama Batam, jaga nama Batam sebaik-baiknya berikan energi positif untuk Lombok, terimakasih juga teman-teman sudah ikut membersamai saudara-saudara di Lombok,” tutur Yusfa Hendri selaku Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Batam. []