DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Back To Masjid, Ajak Masyarakat Makmurkan Masjid

ACT Kepulauan Riau
Back To Masjid, Ajak Masyarakat Makmurkan Masjid

ACTNews, RIAU - Masjid adalah tempat ibadah umat muslim yang juga berfungsi sebagai pusat peradaban umat. Berikhtiar mengajak masyarakat untuk terus memakmurkan masjid, Aksi Cepat Tanggap Kepulauan Riau (ACT Kepri) hadirkan program Back to Masjid.

Akhir pekan kemarin, Ahad (10/2), Tim ACT Kepri memulai program dengan mengunjungi Masjid Al-Istiqomah di Kampung Kebun Sayur, kampung dengan jumlah penduduk sebanyak 32 keluarga yang terletak di antara Kecamatan Sekupang dan Kecamatan Batu Aji. Berlokasi di pinggir jalan, Masjid Al-Istiqomah terbilang cukup ramai. Sayangnya, kondisi masjid sedang tidak baik, atapnya sering bocor apabila hujan datang.

Bersama dengan 14 orang relawan Masyarakat Relawan Indonesia  dan masyarakat setempat, ACT Kepri pun berinisiatif membersihkan masjid dan pekarangannya. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tempat ibadah, sekaligus memakmurkan masjid.

“Kami bertujuan untuk mengajak masyarakat membersihkan masjid. Kami juga ingin menjadikan masjid sebagai pusat peradaban umat muslim,” ungkap Intan selaku Koordinator Program Back To Masjid ACT.  

Program Back To Masjid pun mendapat respons baik dari masyarakat. Khoiru selaku Pengurus Masjid Al-Istiqomah mengatakan, “Kita berterimakasih banyak kepada teman-teman dari ACT

Masyarakat menyambut baik kegiatan yang di inisiasi ACT Kepri ini dengan mengajak warga berkumpul untuk membersihkan rumah ibadah hingga belajar ilmu agama. "Kita berterima kasih banyak kepada teman-teman dari ACT dan MRI sudah mau berkunjung dan membuat kegiatan ini, kita cukup kaget karena ada Lembaga yang datang dan bersama-sama kita untuk membersihkan masjid kita ini,” kata Khoiru selaku pengurus masjid.

Selain silaturahmi dan membersihkan masjid, tim juga membawa beberapa perlengkapan kebersihan, serta papan tulis untuk menunjang kebutuhan anak-anak belajar mengaji.

“ACT juga mengajak serta Ustad Irwandi untuk mengisi kajian tentang peradaban Islam bersama anak-anak dan masyarakat setempat. Ustad juga mengajak anak-anak Kampung Kebun Sayur untuk memiliki mimpi besar dan rajin belajar untuk mewujudkannya, serta tidak meninggalkan masjid untuk beribadah,” jelas Intan. []