DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Banjir Bandang Terjang Desa Salua, Sigi

Emergency Response
Banjir Bandang Terjang Desa Salua, Sigi

ACTNews, SIGI - Kabar duka datang dari Desa Salua, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Ahad (21/10) sore, desa yang dikelilingi bukit ini diterjang banjir bandang.

Iwan, salah satu warga, menuturkan banjir menyapu desa tersebut pada pukul 16.00 WITA, membawa serta material tanah, lumpur, dan batang pepohonan. Ketika itu memang tidak ada warga yang sedang beraktivitas di tepi sungai, atau warga setempat menyebutnya kuwala. “Orang-orang di sini memang sudah pada pergi karena mereka mengungsi sejak gempa tanggal 28 September silam,” tutur Iwan yang rumahnya berada persis di bibir sungai.

 

Sebanyak 10 rumah rusak akibat banjir yang bersumber dari danau Lindu di Sigi ini. Selain itu, 1 bangunan sekolah Madrasah Tsanawiyah Al-khairaat juga ikut rusak dan sekolah untuk sementara diliburkan. Jembatan di jalur poros Palu-Kulawi pun ikut terputus dan perlu pembersihan dari alat berat.

Tim Emergency Response ACT sejak Senin (22/10) pagi telah bergerak ke desa pertama Kulawi dari arah Palu ini. Mereka turut membantu membersihkan batang pohon besar yang menghalangi jalan. Di sana juga telah didatangkan alat berat juga bantuan dari unsur TNI-Polri untuk membuka kembali akses jalan.

 

Pascagempa Jumat (28/9) silam, Salua sudah tiga kali diterjang banjir bandang. Banjir datang akibat adanya longsoran di bukit yang mengelilingi Kulawi. Hujan yang turun mengakibatkan longsoran ini turun di aliran sungai. “Banjir sekarang ini yang paling besar,” tambah Iwan yang tubuhnya penuh lumpur usai membantu proses pembersihan jalan.

Tak hanya melakukan pembersihan jalan, tim Emergency Response ACT Posko Wilayah Sigi juga membagikan logistik ke warga yang berada di sekitar lokasi banjir bandang. Mereka juga mengecek kondisi dapur umum ACT di Salua.

 

“Kami kirim logistik dapur umum dua hari sekali. Seharusnya kemarin sore (21/10), tapi karena ada kabar longsor jadi baru besok (23/10) kita stok bahan dapur umum, sekarang fokus pembersihan jalan yang tertutup,” jelas Relawan ACT Fikri, Senin (22/10).

Desa Salua merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Sigi yang menjadi sasaran pendistribusian bantuan logistik, pemberian layanan medis hingga dukungan psikososial oleh tim ACT. Selain Desa Salua, pendistribusian juga mencakup sejumlah desa lainnya di Kabupaten Sigi. []

TAGS