DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Belajar dan Bermain Bersama Guru Relawan Panti

ACT Riau
Belajar dan Bermain Bersama Guru Relawan Panti

ACTNews, RIAU - Urusan memenuhi hak anak jalanan, yatim dan duafa, telah menjadi kewajiban tiap Muslim. Alasan ini pula yang menggerakkan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Wilayah Riau, juga kawan-kawan dari Life for Ummah Riau mengunjungi panti asuhan. Kunjungan spesial ini dilakukan Ahad (20/1) di Panti Asuhan Putri, Jl. Paus Kecamatan Marpoyan Damai, Riau. 

Tak hanya sekadar berkunjung dan menyapa, dalam silaturahmi kali ini MRI Riau dan Life for Ummah Riau mengajar adik-adik yang ada di Panti Asuhan Putri. Mulai dari pelajaran umum maupun pelajaran agama ada sesinya, semua belajar bersama.

Kegiatan yang telah rutin dilakukan ini dinamakan GREP atau “Guru Relawan Panti”. Kegiatan ini dioptimalkan untuk dapat membantu anak-anak dalam proses belajar, khususnya anak jalanan, anak di panti, maupun duafa.

Salah seorang relawan yang terlibat dalam aksi ini Joko Lukito mengatakan, InsyaAllah kegiatan ini akan dirutinkan di tiap minggunya. “Selain itu juga juga ada kegiatan sambung bacaan ayat Al-Quran dari anak-anak. Pemberian hadiah juga akan disiapkan bagi anak-anak yang lancar dalam hafalan ayat. Hadiahnya berupa makan bersama,” ujar Joko.

Seorang relawan lain, Azlinda mengatakan kalau inti dari kegiatan ini adalah membangkitkan motivasi anak-anak panti yang kebanyakan juga menjadi anak jalanan.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini tidak hanya sekadar belajar dan mengajar tapi juga memotivasi adik-adik supaya tetap semangat belajar dan menuntut ilmu meskipun dalam keadaan serba kekurangan,” kata Azlinda.

Selama proses belajar bersama. Azlinda bercerita kalau respons adik-adik panti sangat positif dan bersemangat mengikuti kegiatan ini. “Tampak wajah adik-adik sumringah dan aktif bertanya kepada para relawan dan meminta relawan datang kembali untuk mengunjungi mereka,” tuturnya.

Seperti semangat belajar bersama yang diungkapkan Siti, seorang adik berusia sekolah dasar yang selalu aktif menyimak dan. “Besok kakak datang lagi ya, kami senang kakak-kakak semua di sini membantu mengajarkan kami banyak hal,” ucapnya. []