DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Berbagi Paket Pangan dan Sarung untuk Korban Longsor Puncak

Emergency Response
Berbagi Paket Pangan dan Sarung untuk Korban Longsor Puncak

ACTNews, BOGOR - ACT mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada korban longsor di daerah Puncak, Kabupaten Bogor, Kamis (8/2). Bantuan berupa paket pangan dan logistik tersebut menyasar 4 wilayah yang terdampak longsor cukup parah pada Senin (5/2) lalu. Empat titik tersebut tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Cisarua dan Kecamatan Ciawi.

Dian Faridi, salah seorang relawan MRI-ACT yang berada di lokasi kejadian menyebutkan, para korban longsor di Kampung Cisuren dan Kampung Naringgul di Kecamatan Cisarua banyak yang mengungsi. Sehingga, bantuan pangan dan pakaian hangat amat dibutuhkan. 

"Saat itu ada lebih dari 50 jiwa yang mengungsi di dua kampung tersebut. Selain itu, warga juga cukup banyak mengungsi, terutama ada di Kampung Cisuren dan Kampung Naringgul di Kecamatan Cisarua. Mereka semua amat membutuhkan bantuan makanan," jelas Dian, Rabu (14/2).

Sementara di Kampung Babakan dan Kampung Caringin yang ada di Kecamatan Ciawi, longsor merusak beberapa rumah warga. Meski tidak ada warga yang mengungsi, dampak longsor dirasa cukup signifikan oleh warga di sana.

Oleh karena itu, ia dan anggota relawan MRI-ACT lainnya bergerak menuju empat kampung tersebut. Sebanyak 200 kg beras dan makanan ringan diberikan kepada para pengungsi. 

"Kami juga mendistribusikan 150 sarung untuk mereka, mengingat cuaca cukup dingin. Total ada 174 jiwa yang menerima bantuan ini. Mereka tersebar di Kampung Cisuren, Kampung Naringgul, Kampung Caringin, dan Kampung Babakan," jelas Andre Heru Pramana, relawan MRI-ACT yang juga terjun ke lokasi bencana.

 

Pendistribusian bantuan kemanusiaan untuk korban longsor di Puncak, Kabupaten Bogor, selaras dengan aksi penanganan korban banjir di beberapa wilayah Indonesia lainnya. Sejak awal Februari, Tim Emergency Response ACT beserta Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) bergerak ke berbagai lokasi banjir dan longsor di Indonesia. Mereka di antaranya Jabodetabek dan sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Merespons tingginya frekuensi banjir dan longsor di Indonesia, Tim Emergency Response ACT senantiasa bersiaga di sejumlah titik rawan bencana. Penanganan tanggap darurat terhadap korban banjir dan longsor menjadi ikhtiar ACT untuk terus membantu masyarakat Indonesia. Karena, jika yang jauh saja dibantu, yang dekat apalagi. []

306

TAGS