DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Berkah Zakat Menembus Pelosok Atambua, NTT

Berkah Zakat Menembus Pelosok Atambua, NTT

ACTNews, ATAMBUA, Kabupaten Belu - Di pekan terakhir Ramadan, Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap terus menyapa wilayah-wilayah pelosok Indonesia. Jauh ke timur Indonesia, berkah zakat mengurai senyum ratusan warga Atambua, Kabupaten Belu, NTT. Dari halaman Masjid Agung Hidayatullah, Kampung Jati, sejumlah ibu paruh baya memboyong sekarung beras seberat 10 kilo. Dibantu anak-anak yang menemani, siang itu mereka membawa serta satu dus penuh aneka sembako. Sabtu (17/6), Paket Pangan Ramadan yang juga merupakan amanah zakat dari Wardah Cosmetics ini akan melengkapi semarak Idul Fitri sejumlah desa di Atambua.

Menyimak kehidupan muslim minoritas di desa-desa sepanjang tapal batas Indonesia dan Timor Leste tersebut cukup memprihatinkan. Malam-malam Ramadan mereka lalui tanpa aliran listrik. Tidak hanya itu, pemukiman warga desa yang mayoritas berada di dataran tinggi membuat mereka juga sulit mendapatkan sumber air bersih selama bulan suci ini.

 

Untuk pemenuhan kebutuhan pokok, sebagian besar warga di pelosok Kabupaten Belu mengandalkan mata pencaharian mereka sebagai buruh tani. Penghasilan yang tak seberapa kurang mampu mencukupi kebutuhan dasar yang harganya cukup melambung akibat sulitnya akses masuk ke dan keluar dari desa-desa tersebut.

Walaupun hidup begitu jauhnya dari hiruk-pikuk Ibukota Jakarta, saudara setanah air di tepian negeri tak lantas dilupakan. Empat ratus Paket Pangan Ramadan telah didistribusikan untuk 400 keluarga di sejumlah kampung di Kabupaten Belu, NTT. Mereka antara lain Kampung Haikrik, Kampung Aitaman, Kampung Sukabitetek, dan Kampung Jati. Penerima manfaat pun difokuskan untuk keluarga dhuafa, janda, dan mualaf.

"Kita khususkan bantuan ini untuk kaum dhuafa, janda, dan mualaf. Karena selain harus dibina, mereka juga masih minim bantuan," ungkap Wahidin, selaku Koordinator MRI Atambua untuk penyaluran bantuan zakat berupa Paket Pangan Ramadan tersebut.

 

Bagi Aisyah (38), salah satu warga Kampung Haikrik, berkilo-kilo paket pangan yang diterimanya sungguh sebuah berkah menjelang Idul Fitri. Ia tidak perlu lagi pusing memikirkan anggaran belanja untuk kebutuhan Lebaran.

 

“Alhamdulillah bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga bisa membantu kami dalam menyambut hari raya Idul Fitri,” ungkapnya penuh syukur.

 

Berkah zakat mampu menembus pelosok Atambua, Kabupaten Belu, NTT. Insya Allah paket pangan tersebut akan menjaga stok pangan para keluarga muslim minoritas hingga Idul Fitri tiba. []

TAGS