DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Berpikir Besar, Jalan Memenangi Kehidupan

Berpikir Besar, Jalan Memenangi Kehidupan

ACTNews, BANDA ACEH -  Presiden Aksi Cepat Tanggap Ahyudin akhirnya berkesempatan hadir ke ACT Cabang Aceh di Banda Aceh, Jum'at (19/5). Pengarahan kelembagaan dengan tim ACT Aceh menjejakkan semangat dan visi dalam berkarya kemanusiaan.

"Hampir tak ada yang mendalami knowledge dan amaliyah secara simultan tentang umat, kemanusiaan yang menghela energi kemanusiaan terdepan. Misalnya, isu kelaparan. Banyak yang baru mengetahui krisis kelaparan di Afrika. Langkah ini, sejauh ini bisa dilakoni ACT," ungkap Ahyudin.

Isu sehebat isu kemanusiaan merupakan konten yang biasa dipanggul para Nabi, yang saat ini nyaris tidak menjadi narasi tokoh umat. "Kita ini menuju umat terbaik, tapi justru muatan isu seperti ini absen dari dakwah, politik, dan bahkan pemerintahan. Mereka membawa isu ini masih sekadarnya, jauh dari potensi yang dikuasainya. Kita yakin, jalan memenangi kehidupan adalah dengan berpikir besar. Salah satunya adalah konsisten berjuang di ranah kemanusiaan (istiqamah)," ungkap Ahyudin.

Ujian besar merupakan cara Allah membangunkan manusia sehingga membuat mereka sadar akan keimanannya. Ini menjadi momentum yang luar biasa untuk mengembalikan energi kemanusiaan. Bencana, kata Ahyudin, melahirkan banyak kebaikan. Kehebatan umat tak akan pernah dibentuk dengan kesenangan. Dengan kata lain, kehebatan umat  tidak lahir dari zona nyaman. Kenyamanan justru menumpulkan kepekaan. Ketika partai dan birokrasi jauh dari peran-peran kemanusiaan, mereka menjauhkan diri mereka dari kemenangan hakikinya.

"Maka, jangan ragu. Ini merupakan zona yang pasti tidak nyaman. Karena, kita akan selalu bergerak memburu ketidaknyamanan duniawi dengan menolong sesama yang nasibnya terdzalimi di muka bumi ini.  Dari sanalah kemenangan hakiki dibangun, bukan ditunggu."

Briefing yang menyemangati. Selamat berkarya, ACT Aceh, yang dalam usia lima bulan sejak dibuka telah mencetak prestasi dengan luasnya sinergi dengan berbagai pihak: pemerintahan, korporat,  dan komunitas dan masyarakat.

"Luar biasa, menu spirit yang ditransfer Presiden ACT. apa yang beliau sampaikan mampu membakar semangat kami untuk berkarya, sekaligus menyungkurkan nafsu ujub dan egoisme dalam bermuamalah. InsyaAllah, ACT di Aceh akan dibawa di ranah ketawadhu'an. Kami tak akan bosan untuk terus mengembangkan diri," kata Husaini Ismail, Kepala ACT Cabang Aceh. []

TAGS