DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Deni dan Ellite Squad Gaungkan Solidaritas Peduli Palu

Emergency Response
Deni dan Ellite Squad Gaungkan Solidaritas Peduli Palu

ACTNews, BOGOR – Bentuk kepedulian masyarakat Indonesia terhadap mereka yang terdampak bencana di Palu, Donggala, dan Sigi terus berdatangan dari berbagai kalangan. Langsung dari Indonesia Humanitarian Center (IHC), cerita baik itu bergaung. Ellite Squad, komunitas pengemudi ojek online itu didirikan sejak tahun 2016. Selasa (9/10), mereka mendatangi gudang IHCdi bilangan Gunung Sindur.

Koordinator penggalangan donasi untuk korban bencana Sulawesi Tengah sekaligus ketua umum Ellite Squad, Hermawan, menyebutkan bahwa komunitasnya tidak biasa. “Kami komunitas ojek online yang bergerak di aksi kemanusiaan. Misalnya, penggalangan dana untuk bencana, donor darah, dan santunan. Komunitas kami menaungi 40 komunitas pengemudi online di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang,” jelas Hermawan.

Visi itulah yang membuat komunitas dengan anggota mencapai 800 orang itu terdorong untuk membantu korban bencana gempa, tsunami, dan likuefaksi di Sulawesi Tengah. “Kami mengumpulkan donasi tanggal 4, 5, dan 6 Oktober. Prihatin dengan situasi di Palu, kami putuskan untuk turun ke jalan. Penggalangan donasi kami lakukan sistem transparan dan terbuka,” lanjut Hermawan.

Cerita menarik juga dimiliki Ellite Squad, Deni “Kapal” begitu sapaan akrabnya, adalah salah satu anggota sekaligus humas komunitas. Kata “kapal” yang akronim dari “kaki palsu” disematkan di belakang namanya. Ya, Deny adalah pengemudi ojek online dengan disabilitas.

Sore itu, saat turut mengantar donasi ke IHC, Deni begitu bersemangat mengantarkan bantuan. Ia sempat terburu-buru dan tidak sengaja terpeleset karena lantai licin. Alhasil, kaki palsu Deni pecah dan harus diperbaiki.

“Tidak apa-apa, bisa diperbaiki,” Deni mengabarkan keadaannya. Ia pun menceritakan semangatnya itu beralasan. “Sebab saya pernah merasakan bagaimana hancurnya perasaan dan jiwa raga ini dengan musibah yang mereka rasakan sekarang. Begitu pun dengan saudara-saudara kita di sana (Sulawesi Tengah), mereka harus tetap bangkit dan menatap masa depannya. Saya yakin kok dibalik semua kesusahan pasti dibalik itu ada kenikmatan yang tersimpan,” lanjutnya.

Koordinator IHC, Wahyu Abdi pun turut mengapresiasi. “Kepedulian mereka (Ellite Squad) terhadap korban bencana di Palu-Donggala tinggi sekali, mbak. Bisa menjadi contoh, bahwa orang dengan difabel saja sangat peduli. Bisa dirasakan dari sisi emosional saat bertemu mereka langsung,” tutur Wahyu.

Sebagai koordinator komunitas, Hermawan juga mengapresiasi semangat anggotanya. “Bang Deni itu difabel pertama yang dapat izin mengemudi sebagai driver online dengan SIM D. Ia juga banyak bergabung di komunitas sosial,” cerita Hermawan. Sebelumnya, Ellite Squad juga pernah mendapat penghargaan sebagai komunitas inspiratif dari salah satu perusahaan jasa transportasi daring.

Gempa yang terjadi di Donggala memang sudah dua minggu berlalu. Namun semakin hari, dukungan dan empati untuk membantu pemulihan Palu-SIgi-Donggala semakin banyak. []

TAGS