DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Efek Domino Bantuan 1000 Ton Beras dari Orang Aceh

Let's Help Syria
Darmawan

ACTNews, BANDA ACEH – Setiap Program Kemanusiaan ACT yang diimplementasikan, selalu menuai efek domino yang positif bagi setiap elemen yang terlibat di dalamnya, tidak hanya penerima manfaat saja. Misalnya saja implementasi program Kapal Kemanusiaan yang telah dijalankan ACT, mulai dari Kapal Kemanusiaan Somalia, Rohingya, Palestina, Papua, dan yang terakhir adalah Kapal Kmanusiaan Suriah (KKS).          

Program KKS yang rencananya pada Ahad (15/4) ini akan dilepas dari Masjid Baiturrahman Banda Aceh, menuju pelabuhan Belawan, Medan adalah salah satu program yang terasa efek dominonya, khususnya untuk masyarakat Aceh.

Masyarakat Aceh semakin terasah kepeduliannya terhadap sesama. Tidak hanya masyarakatnya, aparat pemerintahannya pun ikut berkontribusi terlibat dalam pengadaan 1000 ton beras dan proses pengirimannya.

Pengadaan 1000 ton beras untuk Suriah ini juga sangat dirasakan manfaatnya oleh ribuan para petani di sembilan kabupaten/kota di Aceh. Di masa panen raya, rentan waktu  Maret–April 2018, para petani mampu meraup keuntungan yang memuaskan dalam penjualan padinya dibanding panen raya sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan Darmawan (30), pemilik Kilang Padi Meutuah Baro (mitra ACT) di Gampong Lamneuheun, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar. Menurutnya, Program KKS ini telah meningkatkan ekonomi para petani dengan pembelian gabah yang dilakukan ACT dengan harga yang tinggi.

Padahal, biasanya setiap musim panen tiba harga gabah di Aceh mengalami penurunan harga dan hal ini sering dikeluhkan para petani. Dengan adanya program KKS ini, harga gabah di Aceh tidak mengalami penurunan harga sehingga sangat memuaskan bagi para petani.

“Alhamdulillah, kami bangga dengan adanya pengiriman bantuan 1000 ton beras ACT ke Suriah yang dilakukan ACT saat ini. Terus terang, ini sangat membantu warga Aceh terutama kami dan ribuan petani di Aceh. Di saat musim panen raya kemarin, padi kami dibeli ACT dengan harga yang bagus. Harga padi petani Aceh bisa tetap bertahan di harga yang sangat bagus, bahkan lebih bagus daripada HPP pemerintah,” ungkapnya.

Darmawan menambahkan hal yang lainnya yang menjadi kebanggan warga Aceh, selain harga gabah yang diterima ribuan petani yang bagus, program ini juga mampu menyerap tenaga kerja warga Aceh. Ratusan pekerja mampu terserap, ikut terlibat bekerja dalam prosesi pengadaan dan pengiriman 1000 ton beras.     

Selain itu, maslahat program KKS ini juga dirasakan para pedagang warung-warung kecil di dekat Kilang Padi. Setelah program ini mulai berjalan, warung-warung pun ikut ramai. Banyak pembeli yang mayoritas para petani dan tim KKS hadir berbelanja di warung-warung di sekitar Kilang Padi. Hal tersebut mampu meningkatkan penghasilan para pedagang warung kecil. Sehingga, penghasilan mereka meningkat daripada hari-hari biasanya.  

Kilang Padi Meutuah Baro yang menjadi mitra ACT dalam proses pengumpulan beras 1000 ton ini, mampu menyiapkan pengadaan beras berkualitas sebanyak 1000 ton, sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.       

Menurut Darmawan, hal tersebut terwujud berkat kekompakan timnya, para petani dan relawan yang terlibat dalam prosesi pengumpulan beras ini.      

“Kilang Padi kami mampu memproduksi 50 ton beras tiap harinya, karena kerjasama kami dengan pihak terkait yaitu tim kami, petani,  tim Samudera Indonesia, tim Sodaqo serta tim ACT,” imbuhnya.  

Darmawan mengungkapkan kemitraan dengan ACT ini sudah berjalan sejak dua tahun yang lalu, mulai dari Kapal Kemanusiaan Somalia, Rohingya serta Palestina. Dalam pengadaan beras untuk pengungsi Suriah ini, timnya tetap memproduksi beras yang premium.   

Mengenai konflik Suriah yang sudah berlangsug selama tujuh tahun, ia amat prihatin akan tragedi kemanusiaan tersebut.

“Selama tujuh tahun terakhir tragedi kemanusiaan di Suriah masih terus berlangsung. Sedih dan miris memang apa yang menimpa saudara kita di sana. Sangat disayangkan banyak juga masyarakat dunia diam tidak mau atau tidak mengerti. Tapi, alhamdulillah, kita, masyarakat Indonesia banyak yang peduli terhadap warga Suriah. Banyak dari kita yang ikut berdonasi untuk korban konflik di Suriah melalui ACT.  Seribu ton beras ini sangat membantu mereka (warga Suriah), apalagi saat ini menjelang bulan suci Ramadan,” Darmawan. []

872

TAGS