DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Empati Kaditha dan Richa terhadap Rakyat Palestina

Let's Save Palestine
Empati Kaditha dan Richa terhadap Rakyat Palestina

ACTNews, JAKARTA - Kekerasan terhadap remaja dan anak-anak kerap kali terjadi di Jalur Gaza. Seperti pada awal Maret lalu (6/3), seorang remaja 15 tahun menjadi korban tembak di kepalanya. Dilansir dari Al Jazeera, seorang remaja bernama Saif al-din Abu Zeid, tertembak ketika diadakannya demonstrasi pada sore hari di sebelah timur Gaza, di dekat sebuah pagar milik Israel. Sementara, enam demonstran lainnya yang terluka dilarikan ke rumah sakit Shifa untuk mendapatkan perawatan.

Krisis kemanusiaan yang kini masih menimpa rakyat Palestina mengundang empati seluruh elemen bangsa Indonesia, tak terkecuali dari kalangan selebritis. Aktris Kaditha Ayu salah satunya, yang begitu prihatin dengan kondisi warga Palestina saat ini. Menurutnya, dari video kondisi rakyat Palestina yang sering ia saksikan, penindasan yang mereka alami begitu tidak manusiawi.

Kaditha tak sanggup membayangkan jika hal tersebut terjadi di Indonesia. “Kalau seandainya kondisi orang Palestina dihadapi orang Indonesia, atau sama keluarga aku sendiri, ya Allah, aku langsung merinding. Sumpah aku benar-benar tidak terbayang. Aku tidak yakin bisa sesabar mereka atau tidak. Aku juga tidak tahu nanti gimana. Tidak terbayang. Benar-benar tidak terbayang,” tekan Kaditha berkali-kali.

 

Mengetahui krisis itu, Kaditha pun memberi semangat dan doa terbaik bagi rakyat Palestina. Meski secara geografis Indonesia berjarak jauh dengan Palestina, Kaditha tak berhenti memanjatkan doa untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat Palestina. Ia juga mengajak publik Indonesia untuk memberi dukungan baik morel maupun materi untuk bangsa Palestina.

“Doa dari umat Muslim semuanya itu sangat berarti untuk teman-teman yang ada di sana. Terus semangat, karena memang ini jalan kalian itu semua karena Allah pokoknya, pasti dibalas sama Allah, Lillahita’ala.” ujar Kaditha sambil mengepalkan tangan.

Empati terhadap bangsa Palestina juga dirasakan Richa Iskak. Istri dari aktor Gary Iskak ini begitu tak habis pikir dengan penjajahan Israel yang terlalu kejam, terutama ketika agresi tersebut memakan korban anak-anak. “Yang pasti miris ya, sedih dan tak terbayang kalau misalnya aku di posisi mereka. Apalagi kalau lihat anak kecilnya, rasanya speechless gitu lihatnya,” ungkap Richa.

 

Blokade belasan tahun oleh Israel, menurut Richa, menurunkan kualitas hidup warga Palestina di berbagai aspek kehidupan. “Yang saya tahu, keadaan di sana masih seperti yang sudah-sudah. Mereka masih banyak kekurangan bahan makanan. Mereka juga sampai kedinginan (saat musim dingin). Keadaan mereka masih sangat miris,” imbuh Richa.

Layarkan Kapal Kemanusiaan

Setelah sebelumnya berhasil sampai di Palestina pada Februari 2018 lalu, Kapal Kemanusiaan akan berangkat kembali menjelang Ramadan nanti. Kapal Kemanusiaan akan membawa ribuan ton bantuan pangan untuk rakyat Palestina.

Mendengar rencana keberangkatan Kapal Kemanusiaan Palestina oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT), Kaditha dan Richa mendukung penuh program tersebut. “Tetap semangat saudara-saudaraku (di palestina), tetap semangat karena yakin Allah bersama kalian. Saya Richa Iskak, saya mendukung untuk melayarkan kapal kemanusiaan Palestina!” tegas Richa. []

TAGS