DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

JNE Bersama ACT Bantu Masyarakat Lombok

Pemulihan Pascabencana
JNE Bersama ACT Bantu Masyarakat Lombok

ACTNews, LOMBOK UTARA - Gempa di Lombok masih menyisakan banyak duka. Sebagian besar warga belum memiliki tempat tinggal. Kebanyakan warga masih tinggal di pengungsian berupa tenda darurat yang dibangun dari terpal.

Melihat hal demikian, JNE tergerak untuk ikut serta bersama Aksi Cepat Tanggal (ACT) untuk membangun hunian kepada pengungsi gempa Lombok.

Direktur JNE Indonesia Edi Santoso mengatakan, tugas kemanusiaan tak hanya menjadi tugas segelintir orang saja, namun menjadi tugas seluruh manusia, tak terkecuali JNE. Hal ini ia sampaikan saat menyambangi Integrated Community Shelter (ICS), yang berada di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Sabtu (6/10).

JNE yang selama ini bergerak dalam bidang jasa pengiriman barang dan logitik, tidak cukup hanya memberikan bantuan dengan menggratiskan penyaluran bantuan, namun juga perlu terlibat langsung kepada masyarakat yang benar-benar terdampak.

“Kami tertarik dengan pembangunan shelter yang digagas ACT ini. Karena selain ada huniannya, ada juga fasilitas pendukung seperti masjid, warung, dapur umum, dan gudang logistiknya,” paparnya.

Yang tak kalah penting, adanya klinik yang beroperasi selama 24 jam. Hal ini tentu akan menjamin kesehatan warga. Sehingga, pascagempa ini, warga memiliki jaminan kesehatan yang lebih baik.

JNE berencana akan membangunkan beberapa unit shelter serta menyumbangkan beberapa kebutuhan pokok masyarakat. Edi berharap, pemulihan Lombok bisa segera teratasi dengan segera. Sehingga, masyarakat Lombok bisa kembali menjalani aktivitasnya seperti sediakala.

“Kita tentu berharap secepat mungkin. Karena Palu, Donggala, dan Sigi sudah memanggil kita. Di sana juga saudara-saudara kita sangat membutuhkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT NTB, Lalu Muhammad Alfian yang menyambut kedatangan direksi JNE di ICS mengungkapkan rasa terima kasih kepada JNE atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat Lombok.

“Sebagai warga asli Lombok, tentu saya sangat berterima kasih. Karena bantuan ini sangat berharga bagi masyarakat kami di sini,” ungkapnya.

Selain itu, Alfian menjelaskan mengenai beberapa program ACT yang selama ini masih berjalan pascapemulihan, seperti adanya Warung Wakaf. Diharapkan, program ini nantinya bisa memulihkan ekonomi masyarakat yang lumpuh akibat guncangan gempa beberapa waktu yang lalu. “Semoga ACT dan JNE terus berkolaborasi dalam kegiatan kemanusiaan. Karena seperti yang kita tahu JNE selama ini banyak membantu, terutama untuk pendistribusian Logistik,” ujar Alfian. []

TAGS