DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Kebaikan Humanity Card bagi Keluarga Gaza

Let's Save Palestine
Kebaikan Humanity Card bagi Keluarga Gaza

ACTNews, GAZA - Suatu siang di bulan Januari, salah satu minimarket di sudut Kota Gaza tampak ramai. Hampir setiap lorong yang dibatasi rak tinggi berisi makanan dipenuhi para pengunjung. Masing-masing dari mereka sedang sibuk memilah berbagai macam barang kebutuhan.

Pengunjung didominasi oleh para wanita paruh baya, sebagian ada yang membawa serta anaknya. Usai semua bara kebutuhan telah cukup dan dimasukkan ke keranjang belanja, bedanya mereka tidak mengeluarkan uang untuk membayar, melainkan dengan sebuah kartu bertuliskan Humanity Card.

Humanity Card, kartu kemanusiaan itu mereka dapat sudah bertahun silam, berfungsi untuk menebus sejumlah bahan pangan di beberapa minimarket yang ada di Gaza. Meski sudah berlangsung untuk kesekian kali, antusiasme warga tak pernah berubah.

Antusiasme mereka diiringi rasa syukur atas semua kebaikan yang mereka terima. Safina, misalnya, seorang ibu dengan jumlah anggota keluarga sebanyak 10 orang yang menuturkan rasa syukurnya, sebab kepedulian masyarakat Indonesia terus mengalir untuk mereka.

“Kami sangat berterima kasih atas kebaikan saudara-saudara di Indonesia semua yang telah membantu kami dengan Humanity Card. Kami sangat membutuhkan itu, kami berharap akan terus berlanjut. Terima kasih, semoga Allah memberi kalian keberkahan,” tutur Safina.

Begitu juga Abdullah, pria lanjut usia yang mewakili keluarganya untuk mengambil layanan kebaikan Humanity Card. “Terima kasih ACT atas Humanity Card yang telah bantu menunjang kehidupan kami. Kami berharap siapa pun yang ada di dalamnya tetap sukses,” katanya.

Andi Noor Faradiba dari Global Humanity Response (GHR) - Aksi Cepat Tanggap mengatakan, untuk penduduk Palestina di Gaza, ada empat minimarket di Kota Gaza yang beroperasi untuk memberi pelayanan Humanity Card. Letak keempat minimarket itu antara lain di Jabalia, Deir Al-Balah, Rafah, dan Khan Younis.

“Pada Januari kemarin, kami telah memberikan pelayanan kepada 200 keluarga Palestina yang ada di Gaza. Kami menyasar kepada keluarga dengan kondisi ekonomi yang buruk, keluarga yatim, hingga keluarga dengan kepala keluarga yang sakit atau menderita disabilitas,” papar Faradiba.

Program Humanity Card di Gaza sudah bergulir sejak 2016. Kartu itu menjadi solusi efektif untuk menjawab krisis kemanusiaan yang semakin hari tak henti mengepung bangsa Palestina. Insya Allah, setiap kebaikan yang ada dalam satu kartu Humanity Card mampu menyambung hidup seluruh anggota keluarga Palestina. []