DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Komunitas Ojek Online Batam Unjuk Kepedulian untuk Sulteng

ACT Kepulauan Riau
Komunitas Ojek Online Batam Unjuk Kepedulian untuk Sulteng

ACTNews, BATAM - Gempa 7,4 SR dan tsunami di timur laut Donggala, Jumat (28/9) lalu, mengingatkan publik akan bencana serupa yang terjadi di Aceh pada 2004 silam. Kesedihan kembali dirasakan Indonesia. Gempa yang berdampak ke daerah Palu, Donggala, dan Sigi menyebabkan ribuan orang meninggal dunia, sementara mereka yang harus bertahan hidup masih membutuhkan bantuan.

Menyalurkan rasa kepedulian kepada masyarakat terdampak gempa di Palu, Sigi, dan Donggala, pengemudi ojek online yang tergabung dari komunitas "Driver Botania 1" mendatangi kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (6/10). Lengkap dengan jaket hijau khas pengemudi ojek online, dengan penuh antusias mereka menyerahkan bantuan yang sudah dihimpun sejak Selasa (2/10).

Inisiator kegiatan, Nurul Huda, mengatakan gerakan menghimpun donasi merupakan bentuk empati bagi masyarakat terdampak gempa dan tsunami. “Kegiatan ini kami lakukan karena hati kami terketuk melihat kondisi saudara-saudara di Palu,” tuturnya.

Selama ini, Nurul Huda dan anggota komunitasnya melakukan aksi di sela-sela waktu bekerja mereka sebagai pengemudi ojek online. Mereka menghimpun bantuan dari pengguna jalan di Batam setiap hari selama se-pekan.

“Meringankan beban saudara kita yang ada di Palu adalah motivasi kami, tak terbayang rasanya kalau musibah sebesar itu menimpa kita yang ada di sini (Batam), ” pungkas Huda.

Menanggapi hal itu, Kepala Cabang ACT Kepri Brinanti Sandwika Jalius mengapresiasi inisiatif komunitas Driver Botania 1. "Kita cukup appreciate kepada teman-teman komunitas Driver Botania 1 ini. Di sela aktivitas sebagai driver, mereka sempatkan menggalang dana untuk saudara-saudara di Palu dan Donggala. Kepedulian ini harus ditularkan ke masyarakat luas agar saudara-saudara yang tertimpa musibah tahu bahwa mereka tidak sendiri,” papar Brinanti.

Hingga Rabu (10/10), ACT telah membuka posko kemanusiaan di Palu, Sigi, Donggala Barat, dan Donggala Timur. Sejumlah bantuan dari pelosok negeri secara bertahap mulai disalurkan ke masyarakat terdampak gempa. Mengusung tema #IndonesiaBersamaPalu-Sigi-Donggala, ACT mengajak masyarakat Indonesia untuk tanggap merespons keadaan darurat terdampak gempa Sulawesi Tengah. []

TAGS