DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

MRI Jakarta Raya Ikut Layarkan Kapal Kemanusiaan Palestina

Masyarakat Relawan Indonesia
MRI Jakarta Raya Ikut Layarkan Kapal Kemanusiaan Palestina

ACTNews, JAKARTA - Ratusan relawan yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jakarta Raya kembali turun ke jalan, suarakan dukungannya untuk Palestina. Ahad (24/03) pagi, bertempat di kawasan Car Free Day (CFD) di seberang Stasiun Sudirman, suara-suara lantang untuk mendukung Palestina, diteriakkan. Aksi Ahad pagi tadi, dihadiri oleh perwakilan MRI dari 16 daerah di sekitar Jakarta, meliputi Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Karawang.

Selama aksi berlangsung, lima spanduk besar dibentangkan di sisi jalan yang ramai dengan aktivitas libur akhir pekan warga Jakarta. Tidak hanya itu, tapi juga puluhan poster, bendera Indonesia dan bendera Palestina disebar dan dikibarkan. Tujuannya satu, mengabarkan kondisi terkini juga informasi tentang Palestina kepada seluruh warga Jakarta beraktivitas di kawasan CFD Sudirman.

Kotak-kotak sunduk juga dibawa para relawan mengitari area CFD. Menampung tiap-tiap lembar Rupiah, tiap nominal donasi yang diberikan oleh para pengunjung untuk Palestina.

Mulai dari anak-anak, balita, remaja, dewasa, tak terkecuali para lansia dan paruh baya ikut menyumbang rezeki terbaiknya, ambil bagian dalam gerakan membela Palestina. Di akhir aksi, tak disangka jumlah donasi terhitung menembus angka 10 juta Rupiah.

Karya teatrikal untuk Palestina

Tidak hanya lewat spanduk dan atribut Palestina, dukungan sejumlah relawan MRI datang dalam berbagai macam bentuk. Salah satunya melalui karya, seperti yang ditampilkan oleh Tim Teatrikal MRI Jakarta Raya, Ahad (24/03) pagi mereka kembali menampilkan koreografi dan alur cerita terbaiknya untuk Palestina.

Tidak cukup dengan teatrikal, para relawan MRI Jakarta Raya juga aktif memberikan sumbangan karya berupa pembacaan puisi atau syair untuk Palestina. Dari nada-nada puisi dan syair itu, tak sedikit dari pengunjung CFD tergerak untuk berdonasi, atau sekadar menandatangani lembar putih berisi petisi. Sebuah petisi dengan judul tagar #IndonesiaSelamatkanPalestina, dibentangkan di atas aspal Jalan Sudirman.

Semua aksi dan dukungan tentang Palestina ini bermuara pada satu hal, yakni persiapan pelayaran kedua, Kapal Kemanusiaan Palestina. Kampanye tentang perjalanan Kapal Kemanusiaan ini sudah dimulai sejak awal tahun 2019, sesuai rencana dalam beberapa pekan ke depan, Kapal Kemanusiaan akan kembali berlayar menuju Gaza.  

Masih teringat, setahun sebelumnya, ACT mendapat amanah dari masyarakat Indonesia untuk melayarkan Kapal Kemanusiaan Palestina pertama, Februari 2018 lalu. Setahun lalu, 2.000 ton beras dilayarkan mengarungi samudera, menghantarkan amanah dan bentuk kepedulian nyata dari rakyat Indonesia untuk tanah yang diberkahi, Palestina.

“Saya mungkin tidak dapat hadir untuk membersamai saudara-saudari kita di Palestina, oleh karena itu sebisa mungkin saya mengikuti aksi-aksi seperti ini dalam rangka menunjukkan dukungan untuk rakyat Palestina. Dengan begitu, saya tetap dapat berjuang bersama, meskipun terpisah jarak dan ruang,” ungkap Fida, relawan MRI asal Daerah Kabupaten Bogor.

Bagi Fida dan relawan-relawan MRI Jakarta Raya lainnya, jarak puluhan kilometer dari kediaman mereka menuju lokasi aksi, merupakan jalan juang yang mereka pilih untuk Palestina yang dicintai. Seluruh relawan MRI Jakarta Raya berharap, agar ke depannya masyarakat dapat lebih peduli dan mau menunjukkan rasa pedulinya untuk Palestina.

Sekali lagi, kreativitas relawan MRI Jakarta Raya diuji. Harapan mereka agar semua elemen masyarakat dapat memberikan kepedulian yang nyata.

Menjadi lebih masif untuk mencari tahu, menyuarakan tentang kondisi rakyat Palestina kepada dunia. Sebab kalau semua pilih bungkam dan tuli, maka bagaimana dunia bisa tahu? []