DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Nikmat Zakat Awali Ramadan di Alor

Global Zakat
Nikmat Zakat Awali Ramadan di Alor

ACTNews, ALOR - Tiga hari sudah Ramadan hadir mewarnai hari-hari umat Muslim Indonesia. Semarak Ramadan kental terasa di ibu kota juga sejumlah wilayah lainnya di tanah air. Bulan suci ini tak hanya menghadirkan keriuhan dalam beribadah, namun juga mengalirkan berkah. Hal ini dirasakan betul oleh masyarakat Desa Beangonong, Kabupaten Alor, NTT.

Beranjak mundur beberapa hari ke belakang, warga Desa Beangonong menyambut Ramadan dengan beragam paket pangan. Semua adalah hasil penyaluran zakat masyarakat Indonesia melalui Global Zakat - Aksi Cepat Tanggap (ACT). 

Suasana haru menyelimuti Desa Beangonong, saat Tim Global Zakat datang membawa puluhan Paket Pangan Ramadaan, Senin (14/5). Semua penduduk berkumpul dalam pelataran masjid, mereka menyambut tim dengan penuh kehangatan. Tidak sedikit dari mereka yang menitikan air mata saat tahu mereka akan mendapatkan Paket Pangan Ramadan dari Global Zakat ACT.

 

Berada di tepian negeri Indonesia membuat mereka tak menyangka bahwa berkah Ramadan telah menyapa bahkan sebelum bulan suci ini tiba. Hal ini diungkapkan Mbaandiyatodo (49), perempuan paruh baya yang tinggal di Desa Beangonong.

“Alhamdulillah, alhamdulillah, saya terharu sekali, bapak datang jauh-jauh memberi kami bantuan untuk bulan puasa. Kami tidak tahu mau makan apa nanti pas bulan puasa, tapi ternyata ada bantuan ini”, ungkap Mbaandiyatodo.

 

Dibalut krisis pangan

Desa Beangonong adalah wilayah yang saat ini mengalami krisis pangan. Ada beberapa hal yang melatarbelakangi kenapa desa ini dilanda krisis pangan. Pertama adalah kondisi ekonomi. Hampir semua masyarakatnya berprofesi sebagai petani ladang dan rumput laut, mereka semua berpenghasilan di bawah rata-rata. 

“Kami di sini hanya sebagai petani ladang dan petani rumput laut, tidak ada penghasilan tetap yang kami punya. Di sini semuanya kita hidup pas-pasan”, tutur Sirajudin Kute, tokoh masyarakat Desa Beangonong.

Kedua adalah faktor geografis. Desa Beangonong terletak di Pulau Pantar, pulau yang paling jauh dari ibu kota Kabupaten Alor. Jarak tempuh menuju desa ini sekitar enam jam perjalanan. Empat jam perjalanan ditempuh dengan jalur laut, sementara dua jam sisanya melalui jalur darat. Faktor inilah yang menjadikan penduduk Desa Beangonong sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

 

Ketiga adalah konflik yang kembali meradang antardesa. Berdasarkan penuturan tokoh masyarakat Desa Beangonong, belum lama ladang penduduk Desa Beangonong yang menjadi sumber kehidupan ludes dibakar. Padahal, sebentar lagi masuk musim panen, dan hasil panennya akan menjadi cadangan penduduk Desa Beangonong untuk menyambut bulan suci Ramadan. 

Oleh karena itu, pendistribusian pertama Paket Pangan Ramadan oleh Global Zakat menyasar penduduk Desa Beangonong. Hal ini disampaikan langsung oleh Jundi selaku Koordinator Pendistribusiaan Paket Pangan Ramadan di tepian negeri.

“Desa Beangonong menjadi titik pertama pendistribusian Paket Pangan Ramadan. Warga Muslim di sana adalah minoritas dan sangat membutuhkan sekali bantuan dari kita. Insya Allah, ke depannya kita akan jangkau pulau-pulau terluar lainnya di wilayah timur Indonesia,” jelas Jundi.

Mewakili warga Desa Beangonong, Sirajudin menyampaikan rasa syukurnya yang mendalam bagi Global Zakat dan masyarakat Indonesia. Doa terlantun tulus dari mulutnya.

 

“Semoga bapak-bapak ini dan yang menyumbang kepada kami dibalas kebaikannya oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, tidak ada balasan yang lebih baik selain balasan dari Allah”, ucap Sirajudin, sambil menadahkan kedua tangannya.

Kini, warga Desa Beangonong menjalani Ramadan tanpa kekhawatiran atas minimnya pasokan pangan. Paket Pangan Ramadan insya Allah akan mencukupi kebutuhan pangan mereka selama Ramadan.

Insya Allah, bantuan Paket Pangan Ramadan ini akan terus menjangkau penduduk tepian negeri lainnya di Indonesia. Hal ini mengingat masih banyak saudara Muslim lainnya yang masih terbentur keterbatasan di bulan Ramadan ini. []

460

TAGS