DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

"Nongkrong di Palestina" Bangun Solidaritas untuk Bangsa Palestina

Let's Save Palestine

ACTNews, JAKARTA – Dari salah satu sudut Kota Depok, obrolan hangat mengisi agenda Rabu malam warga setempat. “Nongkrong di Palestina”, begitu para warga menyebut kegiatan pada malam itu. Sesuai nama acaranya, obrolan malam itu berlangsung di Palestina. Palestina yang dimaksud adalah Jalan Palestina, terletak di wilayah Pangkalan Jati, Cinere, Kota Depok.

“Nongkrong di Palestina” terselenggara atas sinergi Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan warga di Jalan Palestina, sebagai wujud solidaritas kepedulian untuk rakyat Palestina. Digelar pada Rabu (13/3), acara tersebut dihadiri Direktur ACT Nurman Priatna, Ketua RT 22, Lurah Pangkalan Jati, serta karang taruna bersama warga Jalan Palestina.

 

Dalam suasana kasual tersebut, obrolan mengalir mulai dari bagaimana rakyat Palestina terhimpit dalam krisis berkepanjangan. Kemiskinan, krisis pangan, air bersih, listrik, dan bahan bakar bergantian membelenggu warga Palestina, sebagai dampak blokade belasan tahun dan penjajahan oleh Israel selama lebih dari lima dekade. Dalam keterbatasan itu, mereka juga tak surut berjuang mempertahankan tanah air mereka lewat aksi Great March of Return dan penjagaan Masjid Al-Aqsa, yang baru-baru ini juga sempat ditutup oleh polisi Israel.

Oleh karena itu, sebesar apapun bentuk kepedulian untuk warga Palestina amat berarti. Hal ini disampaikan oleh Nurman Priatna di sela acara tersebut. Ia amat bersyukur bagaimana warga Jalan Palestina, turut menyuarakan perjuangan rakyat Palestina lewat seni mural yang terlukis di dinding Jalan Palestina.

“Dunia akan tahu ada Jalan Palestina di Pangkalan Jati, yang mengangkat tangan, mendoakan Palestina, supaya bisa benar-benar terbebas dari segala kezaliman, dari penjajahan. Dan mudah-mudahan jika Allah mengizinkan kita akan bersujud di Masjid Al-Aqsa,” doa Nurman, yang disambut kata ‘aamiin’ oleh hadirin yang hadir.

 

Tarmidzi selaku Lurah Pangkalan Jati, Tarmidzi turut mengapresiasi acara malam itu. Menurut Tarmidzi, “Nongkrong di Palestina” dapat menjadi inspirasi bagi warga lainnya, terutama dengan adanya kegiatan mural di Jalan Palestina. “Menjadi inspirasi yang isinya mengajak kita sesama orang Islam, untuk mempunyai rasa kepedulian kepada sesama saudara kita, untuk merasakan penderitaan saudara kita yang ada di Palestina,” tutur Tarmidzi.

Tak ketinggalan juga, acara ini juga membahas tentang mural yang baru saja selesai digambar di sepanjang tembok menuju Jalan Palestina. Mural-mural bertemakan perjuangan Palestina ini adalah hasil karya dari seorang muralis muda bernama Fachriza.

Seniman mural yang melukis untuk Jalan Palestina juga mengungkapkan, mural yang ia gambarkan dalam waktu satu minggu tersebut bertujuan untuk menginspirasi masyarakat agar peduli dan lebih semangat lagi untuk membela Palestina.

“Mural ini memang untuk membangkitkan semangat, makanya saya tidak gambar yang sedih-sedih,” ujar Fachriza.

Donny Alamsyah ikut “Nongkrong di Palestina”

Di acara “Nongkrong di Palestina” itu, hadir pula aktor laga Indonesia, Donny Alamsyah. Ia mengaku salut dengan warga Jalan Palestina atas kepeduliannya terhadap tragedi kemanusiaan di Palestina. Menurut Donny, memang sudah saatnya generasi saat ini memiliki kepedulian terhadap Palestina.

Ia juga mengapresiasi kegiatan malam itu dan ikhtiar ACT dalam menggerakkan kepedulian untuk bangsa Palestina. Terutama dengan adanya Kapal Kemanusiaan yang akan berlayar kembali dalam waktu dekat. Aktor laga dari film The Raid dan Merantau itu berharap mudah-mudahan kapal tersebut tidak menemui halangan dalam perjalanannya.

 

“Saya melihat bantuan dari ACT ini kan begitu berarti ya, bagi mereka (rakyat Palestina). Saya harap semua lancar, dan saya harap semakin banyak orang-orang di Indonesia ini menyisihkan apa yang mereka miliki untuk saudara-saudara kita yang ada di sana.” ujar Donny.

Karena kepeduliannya kepada Palestina, Donny juga mengatakan siap apabila ada kesempatan untuk berangkat ke Palestina. “Bismillah, Insya Allah, siap.” tegasnya. []

TAGS