DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Pembaca Republika Salurkan Donasi Bencana Sulteng ke ACT

Sinergi Umum
Pembaca Republika Salurkan Donasi Bencana Sulteng ke ACT

Pembaca Republika Salurkan Donasi Bencana Sulteng ke ACT

 

ACTNews, JAKARTA - Hampir empat bulan lalu, gempa, tsunami, dan likuefaksi menerjang Sulawesi Selatan, tepatnya di Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah. Bencana besar ini merenggut korban jiwa hingga menghancurkan pemukiman warga dan infrastruktur umum.

Di masa pemulihan ini, jutaan jiwa di Sulsel masih membutuhkan tempat tinggal dan logistik lainnya seperti pakaian, makanan, atau obat-obatan. Selain itu mereka yang kehilangan mata pencaharian akibat alat usahanya tersapu dan hancur karena bencana, juga masih membutuhkan uluran tangan dari semua pihak.

Guna meringankan beban penderitaan tersebut, masyarakat menyalurkan bantuan kemanusiaan melalui Republika. Hasil donasi tersebut selanjutnya diserahkan pihak manajemen Republika kepada sejumlah lembaga termasuk Aksi Cepat Tanggap (ACT) pada Jumat (4/1) lalu.

Donasi senilai 165 juta rupiah tersebut langsung diberikan oleh Direktur Utama Republika, Agoosh Yoosran kepada Direktur ACT Lukman Azis Kurniawan di kantor Redaksi Republika, kawasan Pejaten, Jakarta Selatan.

 

Agoosh dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya agar dana yang disalurkan bisa dimanfaatkan untuk program-program kemanusiaan di Sulawesi Tengah yang sifatnya jangka panjang. "Bisa dibuat hunian atau pemberdayaan ekonomi. Tujuannya agar pahala para donatur Republika terus mengalir," harap Agoosh.

Dalam kesempatan tersebut, Lukman Azis memaparkan sejumlah program mahakarya ACT, di antaranya pembangunan Hunian Nyaman Terpadu atau Integrated Community Shelter (ICS) dan Humanity Distribution Centre (HDC).

Selain aksi di Sulsel, ACT juga paparkan program pemulihan Lombok yang masih berjalan serta program yang tengah disiapkan untuk korban gempa dan tsunami di Selat Sunda.

"Insya Allah amanah dari para pembaca Republika yang disalurkan kepada kami akan direalisasikan sesuai yang diharapkan. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kepercayaan Republika kepada kami," tandas Lukman.

Selanjutnya dana yang disalurkan tersebut bisa digunakan untuk pembangunan beberapa unit hunian atau program wakaf melalui Global Wakaf di Sulawesi Tengah. []

TAGS