DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Sambut Ramadan dengan Aksi Peduli Sehat

Mobile Social Rescue
Sambut Ramadan dengan Aksi Peduli Sehat

ACTNews, BOGOR – Ramadan datang, demi ibadah yang maksimal, tentu urusan kesehatan tak boleh diabaikan. Menyambut bulan suci Ramadan tahun 2018 ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengadakan Aksi Peduli Sehat. Targetnya menyasar ke komunitas yang berada jauh dari ingar bingar kota, komunitas yang mungkin saja, setahun sekali jarang mendapat penyuluhan medis. Bahkan tak pernah datang ke fasilitas medis manapun karena kendala jarak dan biaya. 

Awal Ramadan ini, Rabu (16/5) aksi medis dilakukan di Desa Cijeruk, Kabupaten Bogor. Kegiatan diisi penuh oleh satu tim kesehatan ACT. Aksi yang dilakukan adalah penyuluhan dengan tema ‘Sehat Berpuasa’ serta pelayanan medis gratis.

Program ini akan menjadi program tahunan sebelum Ramadan yang dijalankan oleh Global Medic Action (GMA) - ACT di bawah Direktorat Disaster Emergency Response Management (DERM). Program ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kesehatan masyarakat sebelum bulan Ramadan.

“Program ini merupakan program reguler dari GMA yang akan dilakukan setiap tahunnya di wilayah yang berbeda. Tujuannya adalah untuk melihat kondisi kesehatan masyarakat sebelum Ramadan datang. Program ini tidak hanya ditujukan kepada orang tua, tetapi juga kalangan anak-anak,” ungkap Nurjannatunaim, salah satu personel Tim GMA ACT.

Penyuluhan kesehatan dilakukan dengan tema ‘Sehat Berpuasa’, hari itu penyuluhan diisi oleh 30 peserta. Dalam penyuluhan ini, tim memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai makanan yang baik dan tidak baik dimakan saat Ramadan.

“Penyuluhan kesehatan ini perlu dilakukan agar masyarakat tidak sembarangan mengonsumsi makanan pada saat Ramadan. Jadi masyarakat harus tahu, mana makanan yang baik untuk tubuh mereka dan mana yang tidak, agar jangan sampai nantinya ketika ramadan justru penyakit datang,” ujar dr. Riedha selaku Koordinator Tim GMA.

Pelayanan medis gratis untuk Desa Cijeruk

Usai penyuluhan, kegiatan selanjutnya adalah pelayanan medis gratis yang diberikan kepada seluruh masyarakat yang hadir. Total sebanyak 120 pasien ditangani oleh delapan orang relawan medis yang ikut dalam kegiatan ini. Rata-rata keluhan masyarakat sekitar tentang darah tinggi nyeri tulang/rematik, nyeri lambung, batuk pilek, gatal-gatal dan sakit gigi.

Pelayanan medis gratis di Desa Cijeruk ini bukan kali pertama. Berjarak beberapa hari sebelumnya, aksi pelayanan medis gratis serupa juga dilakukan di Kampung Tengal, Kabupaten Bogor, Sabtu (12/5).

Ratusan warga Desa Cijeruk menyambut antusias Aksi Peduli Sehat ini. Sejak dimulai sampai tuntas 120 pasien, kepala desa dan masyarakat sekitar ikut berkontribusi dalam membantu kelancaran kegiatan ini.

“Respons masyarakat mengenai kegiatan ini sangat positif dan menyambut dengan baik. Masyarakat penuh syukur dengan adanya kegiatan ini karena warga di sini jarang yang ke Puskesmas. Alasannya karena tempat tinggal masyarakat jauh dari puskesmas. Mereka juga tak memiliki BPJS. Mudah-mudahan ini menjadi program tahunan kita ke depannya,” terang dr. Riedha.

Sebagai penutup, usai penyuluhan dan pengobatan gratis, Tim DERM – ACT bersama blibli.com juga membagikan sejumlah paket pangan kepada puluhan warga yang telah didaftar sebelumnya. Paket pangan Ramadan berisi sejumlah kebutuhan pokok, sedikit meringankan beban keluarga kurang mampu di lingkungan Desa Cijeruk.

Ramadan telah dimulai, dr. Riedha mengharapkan agar masyarakat dalam tingkatan ekonomi apapun bisa mendapatkan pelayanan medis yang setara, terutama selama menghadapi Ramadan tahun ini. “Insya Allah, doakan ke depannya Tim Medis ACT bisa melanjutkan ikhtiar memberikan pelayanan medis gratis ke lebih banyak tempat lagi,” pungkasnya. []

TAGS