DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Semangat Wakaf Komunitas di Lampung

Global Wakaf
Semangat Wakaf Komunitas di Lampung

ACTNews, BANDAR LAMPUNG - Global Wakaf -ACT Lampung mengadakan bincang santai dengan jamuan kopi rinjani bersama puluhan komunitas di Lampung, Kamis (6/12). Acara yang digelar di salah satu rumah makan di kawasan Kedaton ini ingin mengajak komunitas berwakaf uang untuk pembangunan sumur dan fasilitas mandi, cuci, kakus di Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Digelar selama dua hari, acara ini turut menghadirkan pemateri relawan Socioeconomy Recovery Indonesia Islamic Business Forum Lampung.

Kepala Komunikasi dan Pemasaran Global Wakaf - ACT Lampung Fajar Yusuf Dirgantara mengatakan, anggota komunitas yang ingin berwakaf dapat menggunakan kupon yang ACT terbitkan. Kupon ini juga sebagai penanda komitmen komunitas untuk saling membantu sesama melalui lembaga wakaf ACT, Global Wakaf. “Dengan nominal 5 ribu rupiah per kupon, diharapkan semua kalangan bisa mendapatkan pahala tanpa henti” ungkap Fajar, Kamis (6/12).

Nantinya, jika dana sudah terkumpul minimal 35 juta, proses pembuatan sumur dan MCK akan dilakukan. Sumber air bersih ini akan memenuhi kebutuhan warga terdampak banjir di Kelumbayan sepekan lalu. Fasilitas kebersihan dan sumber air bersih warga rusak akibat banjir bandang yang diiringi tanah longsor itu. 

Di acara itu, Indah Lestari dari Forum Silaturahmi Alumni Rohis Pesawaran, Lampung mengatakan, jika dirinya merasa terharu atas diadakannya program ini. Melihat tanggapan positif dari berbagai komunitas juga memberikan semangat tersendiri untuk terlibat dalam wakaf. “Ajakan untuk kebaikan tidak akan berhenti di pertemuan ini, tapi masing-masing komunitas juga akan turut menyosialisasikan program Sumur Wakaf untuk Kelumbayan,” katanya, Kamis (6/12).

 

Sebagai langkah awal, mahasiswi di salah satu perguruan tinggi di Lampung ini memberikan pengertian tentang wakaf ke lingkungan kampus. Cara ini diambil agar mahasiswa memahami manfaat wakaf dan memahami isu sosial dan kemanusiaan. “Tak butuh waktu lama, teman-teman saya dapat mengumpulkan uang guna wakaf sumur bagi korban banjir,” tutur mahasiswi semester 5 ini.

Sebelumnya, Global Wakaf - ACT telah membangun sumur wakaf di beberapa wilayah lainnya di Lampung. Pringsewu, Way Pring, Karang Anyar Lampung Selatan dan Pesawaran menjadi lokasi wakaf. “Kami (Global Wakaf) berkomitmen menghadirkan cara mudah untuk masyarakat berwakaf, bukan hanya sebatas ladang pahala, tapi juga menebar banyak manfaat untuk orang lain,” ungkap Fajar. []

TAGS