DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Serikat Pekerja PT Toyota Bangun Sekolah untuk Lombok

Pemulihan Pascabencana
m

ACTNews, LOMBOK - Ikhtiar untuk terus membersamai korban gempa Lombok tahun lalu terus dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT). Walaupun duka gempa sudah berlalu beberapa bulan lalu, tetapi masyarakat terdampak gempa masih membutuhkan bantuan. Melihat kondisi inilah ACT bersama mitra kembali melanjutkan penyaluran bantuan untuk memenuhi kebutuhan korban gempa.

Sabtu (26/1), ACT bersama Serikat Pekerja PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melakukan penyerahan secara simbolis beberapa jenis bantuan untuk korban gempa Lombok di SMPN 1 Kayangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Serah terima bantuan ini dilakukan langsung oleh Azis Syarief Hidayat selaku Ketua Serikat Pekerja dan I Made Surya selaku Divission Head of PT TMMIN.

Azis Syarief Hidayat menuturkan, bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian serikat pekerja PT. TMMIN guna membantu percepatan dan pemulihan pascagempa yang melanda Lombok. Bantuan tersebut berupa 3 ruang sekolah untuk SDN 4 Santong yang berada tak jauh dari SMPN 1 Kayangan, juga 3 ruangan kelas untuk SMPN 1 Kayangan, kemudian ada pula 20 unit shelter hunian, dan 1 buah masjid lengkap dengan sarana MCK-nya di Desa Madayin Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur.

“Bantuan sebagai bentuk upaya pemulihan gempa Lombok. Seluruh bantuan ini berasal dari urunan sekitar 8 ribu karyawan. Jumlahnya bermacam-macam dari masing-masing individu yang memberikan,” ujar Azis.

Muhammad Basair dari Tim ACT menyebutkan, serikat pekerja PT. TMMIN merupakan mitra yang sering menjalin kerjasama dengan ACT dalam penyaluran bantuan kemanusiaan. “Kerjasama antara ACT dengan serikat pekerja PT. TMMIN ini sudah dilakukan sejak gempa Pidie di Aceh, kemudian banjir bandang di Sumbawa hingga di masa darurat bencana dan pemulihan pascagempa Lombok,” ungkapnya.

Selain bantuan tersebut, PT. TMMIN melalui dana CSR juga ikut menyalurkan bantuan berupa 500 paket peralatan sekolah yang berisi tas, buku dan alat tulis untuk anak-anak SD hingga SMP di Lombok. Basair berharap dengan bantuan tersebut dapat meringankan beban korban gempa.

“ACT akan terus membersamai korban gempa Lombok hingga selesai. Alhamdulillah ikhtiar tersebut terus berlanjut hingga saat ini. Bersama para mitra, ACT bertekad untuk memberikan yang terbaik bagi korban gempa Lombok hingga mereka kembali menjalani kehidupan normal sebagaimana biasanya,” pungkas Basair. []