DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Tanam Raya Awali Keberkahan LPW di Pulau Buru

Global Wakaf
maul

ACTNews, KABUPATEN BURU - Kehadiran Lumbung Pangan Wakaf (LPW) Desa Wakaf yang dinisiasi oleh Global Wakaf kini juga dirasakan oleh masyarakat Timur Indonesia. Tidak hanya di Merauke, kali ini LPW menyebar keberkahan mencapai Pulau Buru, khususnya di Desa Weikerta, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Pulau Buru. Aktivitas LPW di Desa Weikerta dimulai dengan kegiatan tanam raya pada Kamis (6/11). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Weikerta, pewakif, petani dan tim Global Wakaf.

Edi Sutrisno selaku Kepala Desa Weikerta menyambut baik program LPW ini. Menurutnya, pemilihan Pulau Buru khususnya Desa Weikerta sudah tepat karena Pulau Buru terkenal dengan potensi pertaniannya yang menyebabkan pulau ini menjadi lumbung pangan nasional. Selain itu, program ini juga sangat membantu para petani di Weikerta.

“Ini awal yang baik dengan kegiatan tanam raya ini. Kami sangat berterima kasih karena memang programnya sangat menyentuh sekali masyarakat Weikerta. Harapannya program ini berjalan dengan lebih baik lagi,” ujar Edi.

Rasa syukur juga datang dari petani binaan Desa Wakaf, salah satunya Nasrul Wantara. Ia menuturkan, program ini sangat membantu khususnya petani di desa ini, terutama dengan adanya bantuan Saprotan (sarana produksi pertanian) dan Saprodi (sarana produksi padi).

“Masalah utama ya itu masalah modal, terutama dengan pupuk, perawatan dan untuk menjaga pertanian ini. Dengan adanya bantuan ini, Alhamdulillah kita sangat terbantu,” ungkap Nasrul.

Hasan Tinggaphy selaku pendamping program Desa Wakaf di Pulau Buru menjelaskan, program LPW ini bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat terutama petani. Dari kegiatan ini diharapkan para petani bisa menyekolahkan anak-anak mereka ke jenjang yang lebih baik serta perekonomian mereka terangkat.

“Dengan adanya program LPW ini, kita harapkan para petani menjadi lebih sejahtera dengan tingkat ekonomi yang baik. Harapannya ada perputaran ekonomi yang lebih baik, sehingga desa ini menjadi madani dengan orang orang-orang yang sehat jasmani dan rohaninya. Semoga melalui program ini, Desa Weikerta menjadi mercusuar kebangkitan umat di Pulau Buru,” ucap Hasan.

Hal ini diamini oleh Danu selaku tim Global Wakaf. Menurutnya, tujuan utama program ini memang untuk kesejahteraan petani. Tidak hanya itu, LPW juga memiliki tujuan yang lebih besar yaitu membangun ketahanan pangan dan menjadikan Pulau Buru sebagai lumbung pangan nasional.

“Program LPW ini sudah ada di berbagai daerah seperti Blora, Merauke, Aceh, dan daerah lainnya. Ini program nasional. Dengan spirit yang sama untuk pemberdayaan petani dan membangun ketahanan pangan, kita bangun LPW di Buru. Mudah-mudahn program ini berjalan lancar dan berkelanjutan ke depannya,” pungkas Danu.

Kegiatan tanam raya sendiri kemudian ditutup dengan tabur bibit. Semoga bibit-bibit yang di tanam dapat tumbuh dengan baik dan menjadi awal keberkahan program LPW ini. []