DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Tasneem: Tak Ada Keluh dalam Ikhtiar untuk Sembuh

Let's Save Palestine
1

ACTNews, GAZA – Tidak ada sedikit pun keluhan terdengar dari mulut Tasneem (15). Remaja Palestina yang mengalami gagal ginjal. Sama seperti anak-anak di usianya, cita-cita Tasneem begitu lugu, ia hanya ingin sembuh dari sakit agar kembali bersekolah.

Kabar Tasneem sampai ke Indonesia. Empati dan bantuan untuk kesembuhan Tasneem pun berdatangan. Gagal ginjal membuat Tasneem harus melakukan cuci darah (hemodialisis) untuk tetap bertahan hidup. Hemodialisis dilakukan dua kali seminggu sepanjang hidup Tasneem.

 “Aku tahu Indonesia. Kakak-kakak di Indonesia sudah banyak menolong kami, anak-anak Palestina. Bagaimana kebaikan kakak bisa sampai kepada kami? Pasti hati kakak sangatlah lembut, selalu bersemangat untuk menolong kami,” kata Tasneem kepada relawan Mobile Social Rescue (MSR) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Gaza, sebagaimana dilaporkan pada Rabu (13/3).

Menurut dokter di rumah sakit Al Rantisi, Gaza, Tasneem bisa pulih dengan transplantasi ginjal. Sekali transplantasi dibutuhkan biaya $ 50.000  (sekitar Rp 200 juta). Belum lagi Tasneem harus menunggu seseorang untuk mendonorkan ginjal.

Hidup terbelit kemiskinan dan jeratan konflik kerap kali mengganggu psikologi Tasneem. Tekanan ekonomi yang tinggi dan keamanan yang tidak bisa dipastikan sebab konflik setiap hari pecah di Jalur Gaza. Semua kondisi yang berat ini bertumpu pada diri Tasneem. Ditambah lagi, Tasneem butuh makanan khusus dan vitamin.

Zayed Khaled Heji (53), ayah Tasneem, selalu berusaha memenuhi kebutuhan pengobatan putrinya. Sebagai pekerja buruh ia mendapat upah $ 8 (setara Rp 31 ribu). Ia tetap berjuang meski belum cukup juga mengumpulkan dana. Mirisnya, situasi mencekam di Gaza tidak memungkinkan Ayah Zayed bekerja beberapa bulan belakangan.

Dalam kondisi yang merundung Tasneem dan keluarganya, harapan sembuh itu selalu ada. Tasneem percaya, saudara-saudara di Indonesia memiliki hati besar serta berjiwa penolong. Tidak peduli berapa pun jauhnya jarak Palestina dan Indonesia. MSR-ACT akan berikhtiar untuk membantu Tasneem untuk pulih. []