DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Tasyakuran Warga Kayangan untuk Masjid Al-Amin

Pemulihan Pascabencana
Tasyakuran Warga Kayangan untuk Masjid Al-Amin

ACTNews, LOMBOK UTARA - Pembangunan masjid darurat Al-Amin telah disempurnakan. Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan masyarakat Dusun Sambik Jengkel Barat, Desa Slengen, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara melakukan tasyakuran atas selesainya pembangunan dan kembali berfungsinya masjid tersebut pada Senin (10/9).

"Masjid ini berhasil dibangun atas kedermawanan masyarakat Indonesia, bahkan umat-umat di dunia. Semoga menjadi amal jariyah bagi para donatur," papar Strategic Partnership Network ACT Muhammad Basair dalam sambutan peresmian dan tasyakuran Masjid Al-Amin.

Basair atau yang akrab disapa Abas itu juga mengajak masyarakat untuk kembali memakmurkan masjid. Dulu, Masjid Al-Amin menjadi salah satu rumah ibadah yang dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat melaksanakan sejumlah kegiatan.

"Dengan hormat, mari makmurkan masjid ini. Isi dengan kegiatan-kegiatan positif, isi dengan dakwah-dakwah, isi dengan kajian-kajian Islami," ajaknya.

Bertepatan dengan tahun baru Hijriyah, lebih lanjut Abas menceritakan, masjid menjadi bangunan yang pertama kali dibangun ketika Rasulullah hijrah. Sebab masjid menjadi tempat bagi umat dalam melaksanakan berbagai kegiatan.

Di samping itu, tasyakuran ini sekaligus menjadi momen kebersamaan bagi warga. Sebab, setelah gempa 7,0 SR lalu meratakan masjid Al-Amin, masyarakat tidak lagi memiliki tempat berkumpul.

Mahni (35) warga Dusun Sambi Jengkel Barat mengaku lega atas bisa digunakannya kembali Masjid Al-Amin. "Saya lega sekali, saya bahagia sekali masjidnya sudah bisa digunakan. Saya berterima kasih sama ibu-bapak ACT," ungkap ibu dari empat orang anak itu. Ia juga berharap agar masjid dilengkapi perlengkapan ibadah seperti mukena dan sajadah.

Mahni tinggal di tenda yang hanya berjarak 300 meter di Utara Masjid Al-Amin, baginya momen ini juga menghantarkan kebahagiaan karena bisa mencicipi hidangan yang lezat.

"Biasanya kami makan cari daun kelor, sudah. Hari ini kami makan daging sapi," ucapnya dengan muka sembari menahan tawa.

Kehidupan Mahni dan ribuan masyarakat terdampak gempa Lombok harus terus berjalan. Perbaikan di segala lini akan selalu diupayakan dalam membantu Lombok kembali bangkit. Pembangunan Masjid Al-Amin menjadi salah satu ikhtiar ACT mengawal pemulihan Lombok, bersama tagar Indonesia Bersama Lombok. []