DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Tim Penyelamatan Gabungan Evakuasi Korban Tenggelam di Sungai Citarum

Emergency Response
Evakuasi tenggelam Bandung

ACTNews, BANDUNG – Tim Rescue ACT dan MRI Kabupaten Bandung bersama Tim Gabungan dari BASARNAS dan BPBD Bandung, berhasil menemukan dan mengevakuasi korban tenggelam di Sungai Citarum, Desa Bojongmalaka, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. Jenazah yang teridentifikasi bernama M Roynaldi (39), ditemukan pada Kamis (13/2). Jasad tersebut ditemukan setelah Tim Gabungan menyisir Sungai Citarum selama tiga hari.        

Menurut Atep Salman Al Farisi, Komandan Tim Rescue MRI Kabupaten Bandung, korban mengalami musibah hanyut pada Senin (12/2). Saat itu,  almarhum bersama teman-temannya sedang bersantai di bantaran Sungai Citarum.

“Saat itu, korban yang tidak bisa berenang ini terpeleset dan jatuh ke sungai Citarum. Ia lalu terbawa arus deras Sungai Citarum. Kemudian, para saksi mata dan pihak keluarga langsung melaporkan ke Polsek Baleendah. Polsek pun meminta bantuan kepada Tim Basarnas, BPBD Kabupaten Bandung dan MRI-ACT Kabupaten Bandung. Usai kami dikontak Polsek, hari itu juga kami melakukan pencarian,” terang Atep.

Hal senada juga diungkapkan Koordinator Humas Basarnas Jawa Barat, Joshua Banjarnahor. Ia mengatakan, sebelumnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung Basarnas Jabar menerima laporan adanya seorang warga yang tenggelam. Laporan ini diterima langsung dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung yang mendapatkan info dari Polsek Baleendah.

 

"Saat mendapat laporan kami langsung meluncur ke lokasi dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, di antaranya kepolisian, BPBD, dan Tim Rescue MRI-ACT. Tim gabungan langsung melakukan pencarian dengan cara penyisiran sungai," jelas Joshua.

Proses pencarian  harus ditempuh dengan panjang dan sangat melelahkan. Butuh tiga hari lamanya Tim Gabungan menemukan korban dan mengevakuasinya.

“Luar biasa, pencarian ini meruapakan salah satu pencarian terlama dari pengalaman kami. Delapan kali kami melakukan pencarian dan evakuasi korban tenggelam, ini salah satu pencarian yang cukup melelahkan. Selama tiga hari, dari pagi hingga menjelang maghrib, kami menyisir Sungai Citarum,” ungkap Atep.

Jenazah ditemukan pukul 8.00 WIB. Tim Rescue MRI-ACT Kabupaten Bandung bersama Tim Gabungan langsung menyerahkan jenazah korban kepada pihak keluarganya. Tim Rescue MRI-ACT Bandung juga ikut terlibat memandikan jenazah korban, hingga membantu proses penguburun jenazah.   

"Alhamdulillah, jerih payah Tim Gabungan yang terdiri dari 10 personel Tim Rescue MRI-ACT Kabupaten Bandung, 10 personel Tim Basarnas, 7 Personel Tim Kepolisian, 15 personel tim BPBD, beserta tim lainnya dari masyarakat setempat membuahkan hasil. Akhirnya korban dapat ditemukan,” pungkasnya. []

 

 

TAGS