DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Tips Aman dalam Angkutan Umum selama Nikmati Libur Lebaran

Tips Aman dalam Angkutan Umum selama Nikmati Libur Lebaran

ACTNews, JAKARTA – Tiga hari selepas Idulfitri, nuansa libur hari raya masih melingkupi masyarakat Indonesia. Bukan hanya umat Muslim, tetapi non-Muslim pun memanfaatkan liburan panjang untuk berwisata. Baik berpulang ke kampung halaman maupun berwisata, banyak pula yang bergantung pada kendaraan umum untuk berpindah. Selain memang hemat, menggunakan kendaraan umum bisa menjadi kontribusi Anda mengurangi kemacetan dan polusi.

Tetapi, bepergian dengan kendaraan umum bukan tanpa risiko. Akhir-akhir ini banyak sekali perilaku kejahatan yang terjadi di kendaraan umum seperti penodongan, asusila, dan jenis kejahatan lain yang tentunya akan mengganggu perjalanan. Kejahatan-kejahatan ini masih bisa Anda tangkal, dengan 10 langkah sederhana berikut.

 

Waspada saat naik dan turun

Biasanya, Anda tidak sendiri saat naik dan turun. Anda juga memecah konsentrasi pada barang yang Anda bawa, serta tempat duduk yang harus Anda cari. Konsentrasi yang terpecah sering digunakan komplotan copet untuk beraksi. Jadi, kewaspadaan harus ditingkatkan.

 

Tempatkan tas di depan badan

Dengan menempatkan tas di depan badan, Anda akan lebih mudah mengambil barang yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda juga lebih mudah mengawasi barang bawaan Anda, dan menyisakan lebih banyak spasi untuk penumpang lain yang berdiri.

 

Ikuti arahan kondektur

Sebagai orang yang sudah berpengalaman, kondektur biasanya memiliki mata yang awas. Jika Anda disuruh bergeser atau naik pintu tertentu, bisa saja lokasi yang Anda tuju sudah penuh sehingga berbahaya jika Anda naik, atau Anda sudah diincar copet.

 

Waspadai orang tidak berseragam yang mengatur

Dalam perjalanan, kerap ditemukan orang-orang yang berniat membantu petugas. Tetapi, ada pula gerombolan copet atau penjahat yang menyamar dan mengincar Anda.

 

Jangan keluarkan gawai atau pegang terus gawai Anda di tangan

Mengeluarkan gawai akan menjadikan Anda rentan disasar oleh copet. Karena itu, awasi terus gawai Anda. Siasat lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasang earphone berkabel sehingga Anda yakin dengan keberadaan gawai Anda.

 

Waspadai predator seksual

Sudah bukan rahasia lagi, banyak predator seksual mengintai di kendaraan umum. Untuk menghindarinya, posisikan diri Anda menghadap kursi atau jendela agar organ vital Anda terlindungi.

 

Meminta tolong jika menjadi korban

Jika Anda kecopetan atau menjadi korban tindak asusila, jangan ragu untuk menegur si pelaku atau berteriak. Penumpang lain pasti akan membantu Anda.

 

Berdiri di posisi tengah

Pintu depan-belakang adalah posisi rawan copet karena akan mudah bagi mereka melarikan diri. Dengan berdiri atau duduk di posisi tengah kendaraan umum seperti bus, Anda akan menghindari copet. Selain itu, Anda juga terjaga dari ancaman kecelakaan seperti jatuh ke jalan. Anda juga memiliki kesempatan mendapat duduk dari penumpang yang turun.

 

Menolak preman

Terkadang, dalam kendaraan umum ada preman yang meminta uang Anda. Jangan ragu untuk menolak. Tapi, lakukan dengan halus sehingga Anda tidak dikira menantang dan memicu preman melukai Anda.

 

Menyiapkan ongkos sebelum berangkat

Sebelum naik kendaraan, siapkan ongkos atau tiket yang Anda butuhkan. Simpan di saku atau tempa yang mudah Anda gapai. Jangan sekali-sekali membuka tas atau dompet di kendaraan umum, karena akan membuat Anda berpotensi diincar copet atau tukang palak.

Dengan menerapkan serangkaian tips ini, Anda tentu akan lebih terjaga dari ancaman kejahatan. Semoga Allah melindungi kita semua, baik di jalan maupun di tempat tujuan. []

193

TAGS