DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Wakil Wali Kota Pekanbaru Sumbangkan Gajinya untuk Palestina

ACT Riau
Wakil Wali Kota Pekanbaru Sumbangkan Gajinya untuk Palestina

ACTNews, PEKANBARU - Tinggal menghitung hari sampai Kapal Kemanusiaan untuk Palestina berlayar. Tiap hari, ribuan ton beras disiapkan. Beras untuk Palestina diseleksi dari gabah-gabah terbaik. Lumbung-lumbung pangan di seantero Jawa Tengah dan Jawa Timur bergemuruh mengejar target berlayarnya kapal, yakni pada 21 Februari 2018.

Selagi persiapan Kapal Kemanusiaan dikebut, kabar tentang Palestina makin meluas. Kepedulian dan empati ditularkan, informasi terkini tentang Palestina sampai ke kota bahkan desa. Dari bocah kecil - yang lugu dan berhati besar - menyumbangkan celengannya untuk Palestina, juga anak sekolah, pekerja, pegawai negeri, ibu rumah tangga, sampai ke seorang pemimpin daerah. Biarpun Palestina jauh ribuan kilometer dari Indonesia, hati bangsa Indonesia dan Palestina sudah terkoneksi.

Koneksi kuat antara Palestina dan Indonesia itu terbukti di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Rabu (31/1) Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Riau bersilaturahmi, singgah sejenak bertemu Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi.

Ditemui di ruangan Wakil Wali Kota, kedatangan tim ACT untuk membahas beberapa agenda. Salah satunya adalah agenda untuk melibatkan masyarakat Pekanbaru layarkan Kapal Kemanusiaan sampai Palestina.

Bahkan di sela-sela diskusi, orang nomor dua di Pekanbaru itu menitipkan amanah berupa donasi yang akan diberikan dari gajinya di bulan Februari untuk membantu warga Palestina.

“Alhamdulillah, dari hasil diskusi dengan beliau (Ayat Cahyadi), bapak berniat menyumbangkan gajinya untuk kirimkan bantuan terbaik sampai Palestina,” ujar Febri dari Tim ACT Riau.

Diskusi tentang Palestina berlangsung seru, Ayat Cahyadi meminta Tim ACT memaparkan kondisi terkini di Palestina, terutama di wilayah Gaza yang terjajah. “Mulai dari aksi Dapur Umum ACT - Indonesia untuk Gaza, ribuan makanan siap saji untuk pasien rumah sakit di Gaza, sampai cerita tentang beras yang juga menjadi makanan pokok pendamping roti bagi warga Palestina, kami paparkan kisahnya,” tutur Febri.

Mendengar paparan Tim ACT Riau, Ayat mengapresiasi dan mendukung penuh langkah yang sudah dilakukan ACT. Ayat mengatakan, langkah yang dilakukan ACT atas nama bangsa Indonesia adalah bentuk kepedulian sesama Muslim.

“Ini salah satu langkah positif. Apalagi dalam waktu dekat bangsa Indonesia akan kirimkan bantuan Kapal Kemanusiaan mengangkut 10.000 ton beras. Hanya dukungan dari setiap daerah di Indonesia yang bisa melayarkan kapal sampai Palestina,” ujar Ayat.

Di akhir diskusi, Ayat mengajak masyarakat Pekanbaru yang ingin memberikan bantuan untuk warga Palestina melalui ACT. "Mari, bagi masyarakat Pekanbaru yang ingin berbagi dengan warga Palestina. Mari berbagi dan terus mendoakan warga Palestina," ujarnya.

Ayat berharap bantuan kemanusiaan yang akan disalurkan Februari ini bisa memberikan manfaat yang banyak bagi warga Palestina. "Semoga bantuan yang masyarakat berikan melalui ACT bisa bermanfaat. Beras terbaik yang kita punya bisa dimakan juga oleh masyarakat Palestina. Insya Allah, mendapat balasan yang terbaik dari Allah SWT," pungkasnya. []

TAGS