DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Yogyakarta Kembali Kirimkan Logistik untuk Kapal Kemanusiaan

ACT Yogyakarta
Yogyakarta Kembali Kirimkan Logistik untuk Kapal Kemanusiaan

ACTNews, YOGYAKARTA - Kepedulian warga Yogyakarta dalam menggalang bantuan untuk korban terdampak bencana di Sulawesi Tengah amat luar biasa. Selang seminggu sejak keberangkatan truk kemanusiaan tahap pertama ke Sulawesi tengah, truk kemanusiaan tahap dua diberangkatkan, Jumat (12/9).

Enam truk bantuan logistik dari Yogyakarta berangkat dari halaman Universitas Islam Indonesia (UII), selepas salat Jumat. Truk membawa kebutuhan pokok seperti sembako, pakaian baru, selimut, tenda, alas tidur, perlengkapan kebersihan, serta kebutuhan perlengkapan bayi dan lansia.

Kepala cabang ACT DIY Agus Budi Hariyadi menyampaikan, keberangkatan kedua truk kemanusiaan dari Yogyakarta tidak terlepas dari tingginya partisipasi warga Yogyakarta untuk membantu korban bencana di Sulteng. “Alhamdulillah, hari ini (12/9) truk kemanusiaan tahap dua berangkat menuju Palu, Sulawesi Tengah. Terima kasih kepada UII serta seluruh mitra, donatur ACT dan juga masyarakat Yogyakarta yang turut peduli untuk saudara-saudara kita di Palu, Sigi, dan Donggala” ujarnya.

 

Rektor UII Fathul Wahid turut mengungkapkan rasa syukur atas keberangkatan truk kemanusiaan untuk yang kedua kalinya. “Sinergi dengan ACT ini adalah wujud tanda cinta dan bukti empati kami,” katanya.

Selain memberangkatkan truk kemanusiaan, UII juga masih menerjunkan tim pertolongan dan tim medis di sana. Tim medis yang kedua berangkat Rabu (10/10)lalu, menggantikan tim medis pertama yang pulang ke Yogyakarta pada hari yang sama. “Semoga ikhtiar kami ini berandil meringankan beban saudara-saudara kita” tambah Fathul.

Rencanaya, iring-iringan truk kemanusiaan dari Yogyakarta melaju menuju IHC (Indonesian Humanitarian Center) yang berlokasi di Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. Bantuan yang ditampung akan dilayarkan bersama Kapal Kemanusiaan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Selatan menggunakan KM Drajat Paciran pada Senin (15/10).

Bertolak dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Kapal Kemanusiaan akan membawa sebanyak 750 ton bantuan logistik dari berbagai daerah di Indonesia. Keberangkatan Kapal Kemanusiaan untuk Palu, SIgi, dan Donggala yang kedua kalinya ini terlaksana atas kerja sama antara ACT dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), BUMN di bidang transportasi laut.

Sementara itu, pemberangkatan truk berisi logistik ini akan terus berlanjut sampai kondisi di Sulteng pulih. ACT DIY bersama seluruh kantor cabang ACT lainnya akan terus mengirimkan amanah kepedulian publik Indonesia dari berbagai wilayah.

 

“Kami terus membuka lebar bagi segenap warga, instansi, lembaga dan komunitas di seluruh wilayah Yogyakarta untuk terus berdonasi, baik itu yang sifatnya logistik ataupun donasi tunai untuk kami kirimkan menuju Kota Palu, Sigi dan Donggala pada tahap selanjutnya,” ujar Agus.

Ia menambahkan, bagi warga Yogyakarta yang juga ingin menyampaikan bantuan untuk saudara sebangsa, baik di Lombok ataupun di Sulawesi Tengah, dapat langsung ke Posko Kemanusiaan ACT DIY di Jl. Nitikan Baru No.41, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta, atau via careline 0851 0313 4440. []

TAGS