DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

Zakat Hadirkan Pelayanan Kesehatan untuk Warga Prasejahtera Jakarta

Global Zakat
1

ACTNews, JAKARTA - Sejak pagi, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau dikenal dengan RPTRA di Pademangan Timur, Jakarta Utara terlihat ramai. Rombongan ibu rumah tangga bersama anaknya duduk di bangku yang telah disediakan. Begitu pula laki-laki dengan berbagai umur, dari anak-anak hingga dewasa.

Sabtu (18/2), warga yang berkumpul di RPTRA yang ada di kolong Tol Dalam Kota ini mengantre untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Mereka mengantre dengan duduk rapi di depan meja yang tersusun obat di atasnya.

Relawan medis Aksi Cepat Tanggap (ACT) di hari itu menggelar pelayanan kesehatan. Aksi itu merupakan lanjutan dari program Pelayanan Kesehatan Berkala (PAHALA) dari Global Zakat-ACT. Pelayanan kesehatan yang ditopang dari dana zakat masyarakat Indonesia ini dikhususkan bagi warga yang kondisi ekonominya masih dalam tahap prasejahtera.

Dr. Muhammad Riedha Bambang selaku Koordinator program medis ACT menyatakan, pelayanan kesehatan yang dilakukan rutin secara berkala ini memang ditujukan kepada warga yang berada dalam kondisi prasejahtera secara ekonomi. “Aksi medis ini tidak hanya berupa pelayanan kesehatan, tapi juga ada edukasi,” jelasnya, Senin (18/2).

Sejak digulirkan pada Senin (4/2) hingga Ahad (17/2), pelayanan kesehatan berbasis zakat ini telah menjangkau 581 warga prasejahtera. Jumlah itu didapat dari tujuh lokasi aksi.

Angka warga prasejahtera yang mendapatkan pelayanan kesehatan ini akan terus bertambah seiring semakin banyaknya lokasi yang akan digelar aksi serupa. Sampai hari ini, paling tidak sudah ditentukan 35 lokasi pelayanan di 17 kabupaten/kota di Jabodetabek. Lokasi ini akan terus bertambah demi bisa menjangkau lebih banyak warga yang membutuhkan akses layanan kesehatan gratis. []