DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

ANGKAT ASA ANAK SURIAH

Anak Suriah

Kehancuran demi kehancuran terus berlangsung di Suriah. Bahkan kawasan pendidikan turut menjadi sasaran kelompok bersenjata. Setahun terakhir sedikitnya 255 anak tewas ketika tengah menjalani proses belajar di sekolah.

Bagi anak-anak mulia ini, pendidikan adalah barang mewah. Diperkirakan enam juta anak terkena dampak perang enam tahun Suriah. Sebanyak 1,75 juta anak di Suriah putus sekolah akibat banyaknya sekolah-sekolah yang hancur atau tidak beroperasi lagi karena kekurangan tenaga pengajar. Sementara ratusan ribu pengungsi anak tak mendapat akses pendidikan.

Tumbuh kembang anak-anak tersebut otomatis juga tak berjalan mulus. Seperempat anak kekurangan suplai makanan karena tinggal di daerah konflik. Di pengungsian pun, banyak anak mengalami anemia karena asupan nutrisi yang buruk.

Sahabat, sebagian besar kita telah melalui indahnya masa kecil di Taman Kanak-kanak, Sekolah, hingga Universitas dengan segala sarana dan prasarana yang mumpuni. Selain terdidik secara akademis, Insya Allah sebagian besar kita juga tidak akan tinggal diam saat mengetahui ada adik-adik kita yang terancam menjadi generasi tanpa sentuhan pendidikan akibat konflik atau bencana kemanusiaan.

Perlu aksi nyata sebagai doa terbaik untuk anak-anak Suriah, demi melindungi generasi penerus Suriah dari kekejaman rezim barbar. Jika tidak, maka kegelapan yang membungkus Suriah akan terus berlanjut, tanpa sama sekali muncul harapan bagi masa depan negeri tersebut.

Untuk itu ACT secara periodik mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Suriah amanah bangsa Indonesia sejak tahun 2012. Pada Februari 2016 lalu misalnya, ACT membuat 'surprise' yang mengembangkan rona bahagia di pipi anak-anak Suriah. Melalui bantuan "Lights For Syria", ACT membangun sekolah di Alaiykha Camp yang merupakan kamp pengungsian yang baru dibangun. Selain itu, ACT juga melengkapi fasilitas sekolah di Salahuddin Camp di Provinsi Idlib.

Di Reyhanli, kota Turki yang berbatasan langsung dengan Suriah, terdapat 1.250 pengungsi anak-anak asal Suriah, yang membutuhkan bantuan untuk merajut masa depannya. ACT membuka kesempatan bagi Sahabat peduli, untuk #AngkatAsaAnakSuriah. Dengan Rp250.000/bulan (rutin minimal 1 tahun), Sahabat sudah dapat membantu 1 anak dalam memenuhi kebutuhan harian dan pendidikannya.

"Pendidikan di pengungsian amat urgen. Bayangkan, jika anak-anak yang terpisahkan dari orang tua, lingkungan, dan masa bermainnya, lalu tumbuh tanpa pendidikan. Saat mereka beranjak remaja hingga dewasa nanti akan menjadi masalah. Pendidikan yang disampaikan dengan ikhlas, membekali anak-anak malang ini bermental mulia dengan selalu berbaik sangka kepada Allah atas nasib yang mengujinya. ACT sangat yakin, Allah memberi banyak kelebihan? seperti kecerdasan sosial? kepada pribadi-pribadi yang Allah didik langsung dengan krisis dahsyat seperti konflik besar atau kelaparan berkepanjangan. ACT juga percaya bahwa apa yang saat ini disebut the failure state adalah calon negara hebat di masa depan. Alangkah terhormatnya ACT dapat membersamai calon juara dalam kompetisi kebermanfaatan tingkat dunia."
- Ahyudin, Presiden ACT

Masih ada harapan akan masa depan gemilang bagi anak-anak ini. Insya Allah, ACT akan terus angkat asa anak Suriah dengan ragam program pendidikan yang akan membersamainya.

Mari salurkan donasi Anda bagi Syria, melalui rekening berikut:

BNI Syariah # 66 0000 9009
Bank Mandiri # 164 0000 965 550
Atas nama Aksi Cepat Tanggap