DONASI SEKARANG
JADI RELAWAN

FOOD FOR SOMALIA

food Somalia

Food For Somalia

Negeri yang terletak di Tanduk Afrika ini hidup dalam rentang lintang bumi yang sama dengan Indonesia, terlalui oleh garis khatulistiwa. Memiliki batas pantai Samudera Hindia, begitupula dengan Indonesia. Jikalau samudera tak memisahkannya, mungkin Somalia adalah tetangga barat terdekat Indonesia. Kekayaan vegetasi, luasan hutan, bentangan alam eksotis, dan jutaan jenis hewan membuat sebagian Afrika nampak serupa dengan Nusantara. Namun, tidak demikian dengan nasib bangsa dan pertumbuhan ekonomi di Somalia.

Kenyataannya, Somalia masih terjebak dalam konflik yang berlarut sejak tahun 70-an, penyakit mematikan yang mendera, kekeringan ekstrim, hingga ekonomi yang tak berkembang bergumul kekalutan dan kemiskinan. Kemiskinan di negeri ini menembus level 82% dari jumlah penduduk. Sepanjang mata memandang, terlihat suasana mencekam penuh kemirisan.

Standar hidup masyarakat rendah, fasilitas kesehatan memprihatinkan, dan kondisi pendidikan nyaris tidak terperhatikan. Krisis pangan tahun 2011 silam, memakan korban jiwa mencapai seperempat juta penduduk negeri. Gizi buruk merebak, tubuh anak-anak bak tulang berselimut kulit. Peristiwa ini menambah rentetan kisah pilu Benua Mutiara Hitam.

 

 

Sekilas, mungkin mereka nampak "jauh" dan tidak terjangkau oleh kita di Indonesia. Namun alhamdulillah, ACT telah berpengalaman mumpuni dalam menyalurkan amanah bantuan kemanusiaan bangsa Indonesia bagi saudara-saudara kita di Yaman dan Somalia. Bahkan untuk Somalia, tim kemanusiaan ACT yang mengemban misi #FoodForSomalia di tahun 2011, menjadi "pembuka jalur" bagi NGO-NGO lain dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan di negeri muslim yang berada di "Tanduk Afrika" tersebut.

Insya Allah, ACT akan terus siap menjadi jembatan kepedulian bangsa Indonesia, bagi jutaan saudara kita di penjuru dunia dan pelosok Nusantara. Tidak ada kata terlambat untuk peduli. Somalia masih bergelut dengan nestapa, mari bersama kita wujudkan kepedulian bagi saudara-saudara kita di sana.

 

Mari salurkan donasi Anda untuk masyarakat Somalia yang dirundung kerawanan pangan, melalui :

BNI/BNI Syariah 66 00000 120
Bank Syariah Mandiri 777 778 9777
Bank Mandiri 128 000 4793 136
Atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap