Tujuh tahun sudah, rakyat Suriah diperangi di negerinya sendiri. Kiamat seakan bergantian menjumpai kota-kota terbaik di bumi para nabi. Berbulan hening dalam kekalutan atmosfer peperangan, kini teriakan mereka terdengar memohon bantuan dan perlindungan.

Let'sHelpSyria

Tentang Suriah

Kejahatan kemanusiaan bergulir setiap detik di Suriah, sejauh mana nurani ini terketuk menyimak kabar dari sana?

Serpihan luka, runtuhan bangunan, bom, rudal dan artileri berat lainnya adalah pemandangan yang terlihat di Suriah sehari-hari. Upaya diplomasi nihil hasil, proses perdamaian makin jauh dari angan. Sementara, nestapa bagi Suriah terjadi sepanjang hari. Entah di mana letak rasa kemanusiaan mereka yang terlibat dalam pertempuran ego dan ambisi merebut kota Aleppo, Idlib, Raqqah, dan Hama. Tak peduli siapa pun yang terlibat, boleh jadi rezim, militan oposisi, bahkan militer Rusia dan Amerika yang ikut campur terlibat di dalamnya. Tak ada pembenaran sama sekali di balik kejahatan perang yang menimpa masyarakat sipil yang diumbar setiap hari di Suriah

Desember 2016 lalu, Aleppo mengulang lagi tragedi penuh darah. Serangan udara jatuh menimpa kawasan pemukiman Aleppo. Setelah menyergap Aleppo selama sekian tahun lamanya, horor konflik merundung Idlib. April 2017, ledakan terdengar dari langit kota yang terletak di bagian barat laut Suriah tersebut. Serangan gas kimia beracun membekap seisi kota. Tak beraroma dan tak bersuara, namun sangat mematikan.

Kali ini pada Februari 2018, Ghouta Timur mendapat gilirannya, mereka terkepung durjana di tanah kelahiran, sementara ratusan ribu warganya terpaksa mengungsi tanpa tahu sampai kapan menjauh berlari. Serangan udara yang terus menerus menggempur Ghouta Timur dinilai sebagai kondisi perang terburuk di Suriah, bahkan melebihi Aleppo pada 2016 lalu. Jet tempur secara intens membombardir rumah warga hingga fasilitas umum lainnya seperti masjid, rumah sakit, sekolah, dan bangunan lainnya.



Sahabat, Ghouta merupakan wilayah yang beberapa kali disebut oleh Baginda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Kini sebagian umat beliau tengah memanggil-manggil kepedulian kita. Sudah siapkah apabila kelak kita ditanya, "Apa yang sudah engkau perbuat wahai hamba-Ku, ketika saudara-saudarimu tengah membutuhkan bantuanmu di Ghouta?"

"Benteng kaum muslimin akan berada di Ghouta, yang berada di antara kota-kota terbaik di Syam." (HR. Abu Dawud & Ahmad)

Apa yang sedang terjadi di Suriah kini ?

Pasca hujan rudal yang memborbardir kawasan Ghouta Timur, membuat luka yang begitu dalam bagi warga Suriah. Ratusan jiwa yang tak berdosa meninggal dunia dan ribuan lainnya mengalami luka-luka parah akibat kekejian ini.

KAPAL KEMANUSIAAN UNTUK SURIAH

Konflik berdarah selama 7 tahun tanpa henti mengakibatkan beratnya hidup manusia-manusia mulia Suriah.
Hingga saat ini, kondisi kebutuhan dasar hidup pengungsi Suriah semakin memburuk.

Untuk mengurangi beban mereka, alhamdulillah berkat do'a dan donasi dari sahabat mulia.
ACT telah mengimplementasikan beberapa program yang sesuai dengan kebutuhan saudara-saudara Suriah kita,
baik yang terus bertahan di tanah airnya, maupun yang berada pada kamp-kamp pengungsian di berbagai negara.

Selain itu, insya Allah Aksi Cepat Tanggap (ACT) tengah berikhtiar untuk mengajak segenap umat dan elemen bangsa Indonesia kembali bersatu dan mengumpulkan sekepal demi kepal beras hingga sekapal besar berjumlah 1.000 (seribu) ton beras #FoodForSyria.

Let'sHelpSyria

Program ACT untuk Suriah

Program pendidikan Aksi Cepat Tanggap untuk pengungsi Suriah diantaranya adalah
Light for Syria ( pembangunan sekolah baru di Alayikha Camp dan melengkapi fasilitas sekolah di Salahuddin Camp, Provinsi Idlib, Suriah)
dan Angkat Asa Anak Suriah (Program orang tua asuh bagi anak-anak Suriah di kamp Reyhanli, Turki).

Program ekonomi Aksi Cepat Tanggap untuk pengungsi Suriah diantaranya Pabrik Roti, Paket Pangan, dan Food For Syria (bantuan pangan siap santap).

Program sosial Aksi Cepat Tangap untuk Palestina diantaranya Emergency Lamp, Winter Clothes, Humanity Card, Water Tank, Qurban, dan Ifthar.

Program yang sedang berjalan

Kapal Kemanusiaan
Dapur Umum
Bantuan Medis
Humanity Card
Angkat Asa Anak Suriah

Donasi Sekarang


Sahabat, jangan biarkan Suriah terus memerah darah.
Mari dampingi nestapa mereka dengan untaian kepedulian kita.

Donasi Transfer Langsung

Nama Bank Nomor Rekening
BNI Syariah 66 0000 9009
Bank Mandiri 164 0000 965 550
Atas Nama (Yayasan) Aksi Cepat Tanggap
Mohon Konfirmasi setelah transfer (pilih salah satu)
Whatsapp: 0821 1711 8110
SMS: 0853 3000 6000
Email: konfirmasi@act.id

Donasi Online

Bantu Sebarkan

Dengan menyebarkan kampanye ini, anda turut serta dalam membantu orang lain untuk tergugah membantu rakyat Suriah

Let'sHelpSyria

News & Update

Sumber Gambar :

https://www.theepochtimes.com

https://news.sky.com

http://syriadirect.org

https://voiceofpeopletoday.com

https://www.jerseypeeps.com/